Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Rahasia Sukses Dunia dan Akhirat

Inilah 3 Rahasia Sukses 

Jika hanya sekedar meraih sukses di dunia, apa bedanya dengan orang kafir? Kehidupan mereka banyak yang lebih sukses, bahkan super sukses. Maka dari itu kami akan memberikan 3 Rahasia Sukses Besar, bukan hanya meraih sukses didunia saja melainkan juga sukses di akhirat.

Rahasia Ke 1 : Taat Terhadap Agama

Sudah menjadi keseharusan untuk meraih sukses dunia, kita mesti taat terhadap Agama. Sukses yang dimaksud tidak sekadar berhasil mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya. Karena, kalau standar atau tolak ukurnya hanya itu, koruptor atau maling juga bisa disebut sukses. Karena harta mereka, jelas berlimpah ruah.

Taat kepada Allah subha na huwa ta’ala akan menjadikan rezeki kita berkah. Berkah itu, boleh jadi sedikit jumlahnya namun senantiasa cukup. Boleh jadi berlimpah, namun sering termaanfaatkan untuk berbagi. Sehingga, kebahagiaan hakiki bukan lagi saat mencari dan mendapatkan, tapi justru saat membagikan. Mengapa? Karena itulah harta milik kita yang sesungguhnya ialah harta yang akan menemani kita di alam barzah dan menjadi bekal di akhirat.

Kebahagiaan hakiki juga kita rasa, saat kita mampu menghadapi pertanyaan Allah subha na huwa ta’ala di Yaumil Hisab. Dari mana harta itu kita dapat dan ke mana kita membelanjakan?

Taat terhadap Agama akan menjadikan kita mawas diri, berhati-hati dalam meraih sukses, karena dalam mengerjakanya senantiasa diiringi dengan pertanyaan: Allah subha na huwa ta’ala ridho atau tidak? Ketika ridha-Nya senantiasa kita prioritaskan, kebahagiaan insya Allah akan kita rasakan. Di dunia menuai keberkahan, di akhirat bisa mempertanggung jawabkan dengan elegan.

Rahasia Ke 2 : Berbakti Kepada Orang Tua

Tanpa berbakti kepada orang tua, sebenarnya kita tetap bisa sukses. Namun, sukses yang akan kita peroleh hanyalah sukses di dunia. Mengabaikan orang tua merupakan bentuk kedurhakaan. Dan durhaka adalah salah satu kegagalan di dunia dan akhirat.

Jika berbakti kepada orang tua akan menjadikan hidup berkah, jika meninggalkan bakti kepada orang tua maka ia telah durhaka, alamat hidup akan susah dan penuh masalah.

Banyak sekali pelajaran berharga yang bisa kita ambil seperti kisahnya Harits bin Nu’ma, Uwais al-Qarni, dan lain lain sebagainya. Bahwa berbakti kepada orang tua, insya Allah akan menjadi pelumas menuju sukses dan keberkahan hidup di dunia, sekaligus meraih kebahagiaan hakiki di akhirat.

Apabila kita durhaka kepada kedua orang tua maka kita sugguh telah memperoleh dosa yang amat besar.  Oleh karena itu, berbakti kepada kedua orang tua pahalanya juga besar. Bahagiakanlah kedua orang tua, insya Allah kebahagiaan akan kita rasakan. Mulikanlah mereka, kemuliaan pun insya Allah akan kita peroleh.

Rahasia Ke 3 : Berbagi Dengan Sesama

Manakah dari dua hal ini yang akan kita pilih : “Sukses tapi tidak bahagia ataukah bahagia tapi tidak sukses?” Saya yakin jika disodori pertanyaan seperti itu, Anda akan memilih : ya sukses, ya bahagia. Dan resep berbagi dengan sasama itulah salah satu kuncinya.

Berbagi dengan sesama, akan menjadikan diri kita lebih bahagia, dicintai oleh sesama dan oleh Rabb kita (Allah). Hidup tentu terasa nikmat, bila banyak yang mencintai. Berbagi juga menjadikan rezeki datang berlipat, sesuai janji-Nya. Berbagi juga menjadi invstasi istimewa yang kelak akan kita tuai di akhirat.

Tiga Rahasia Sukses Besar sudah menemani kita. Ketiganya sudah dekat dengan keseharian kita. Begitu sederhana, sehingga setiap pribadi berkesempatan untuk menerapkanya tak peduli apapun profesi dan bagaimanapun finansialnya.

Untuk ta’at terhadap Agama, tidak harus menuggu kaya. Demikian pula untuk berbakti kepada orang tua, tak mesti dengan harta dunia. Berbagi juga tidak perlu menuggu memiliki banyak harta, karena kita diperintahkan berbagi dalam kondisi lapang ataupun sempit, banyak ataupun sedikit, terang-terangan ataupun tersembunyi. Oleh karena itu, mari jaga dan lestrikan. Tidak sekadar menjadi habbit, tapi juga karakter, bahkan akhlak yang menginternalisasi dalam hidup.

Bila kita belum sukses, dengan mengaplikasikan 3 Rahasia Sukses Besar, insya Allah akan mengantarkan kita menuju gerbang sukses sejati. Bila kita sudah merasa sukses, 3 Rahasia Sukses Besar, akan menjadikan kesuksesan kita lebih berlipat dan hakiki hingga ke akhirat.

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

Artinya : “Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”. (Q.S al-Baqarah : 201)



 

2 komentar untuk "3 Rahasia Sukses Dunia dan Akhirat"