Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amalan Agar Cepat Hafal dan Tidak Mudah Lupa Versi Kitab Kuning

Inilah Amalan Agar Cepat Hafal dan Tidak Mudah Lupa Versi Kitab Kuning

        Menghafalkan materi atau mata pelajaran akan sering dilakukan ketika mendekati ujian akhir. Tapi sayangnya, dengan sistem belajarnya yang salah atau waktunya yang terbatas sehingga menghafal terasa sulit. Meskipun pelajarannya diulangi berkali-kali, hasil hafalannya tidak ada yang teringat. Akhirnya, timbullah rasa putus asa dan frustasi yang membuat peroses menghafal menjadi terhenti. Lalu, Bagaimana tips atau amalan agar cepat hafal dan tidak mudah lupa ?

Inilah Amalan Agar Cepat Hafal

Didalam kitab Durratun An-Nashihin karyanya Syaikh Utsman al-Khoubawi terdapat keterangan yang berbunyi : bahwasanya jika kalian ingin mudah menghafal ilmu maka, seharusnya kalian melakukan 5 amalan-amalan dibawah ini :

  • Melakukan Solat Malam Dengan Istiqomah

Seperti solat tahajjud meskipun hanya dua raka’at. Setelah melakukan solat malam lalu berdo’a, memohon kepada Allah supaya dikuatkan hafalan.

  • Selalu Mempunyai Wudhu’

Dalam artian terus menerus mempunyai wudhu’ jikalau wudhu’nya batal maka segera mengambil lagi.

  • Makan Diniatkan Untuk Meningkatkan Ketaqwaan Kepada Allah.

Ketika kalian makan. maka, hendaklah diniatkan untuk lebih lebih giat atau semangat lagi dalam beribadah, bukan karena dorongan hawa nafsu semata. 

  • Selalu Bertaqwa Kepada Allah SWT

Dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, baik ditempat yang sunyi maupun ditempat yang ramai.

  • Rajin Melakukan Siwak

Rajin bersiwak (membersihkan atau menggosok gigi). Karena bersiwak merupakan perkara yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW. Selain bisa mempermudah dalam menghafal, bersiwak juga dapat membersihkan mulut dari bau yang tidak sedap. 

Redaksi Kitab Kuning (Durratun An-Nashihin)

مَنْ اَرَادَ أَنْ يَحْفَظَ الْعِلْمَ فَعَلَيْهِ اَنْ يُلاَزِمَ خَمْسُ خِصَالٍ : الأُوْلىَ صَلاَةُ اللَّيْلِ وَلَوْرَكْعَتَيْنِ، وَالثَّانِيَّةُ دَوَامُ الْوُضُوْءِ، وَالثَّالِثَةُ اّلتَّقْوَى فِي السِّرِّوَالْعَلاَنِيَّةِ،  وَالرَّابِعَةُ أَنْ يَأْكُلَ لِلتَّقْوَى لاَ لِلشَّهْوَاتِ، وَالْخَامِسَةُ اَلسِّوَاكُ

Selain itu juga terdapat keterangan lain didalam Kitab Ta’limul Muta’allim tentang amalan-amalan untuk memperkuat hafalan sebagai berikut :

  • Bersungguh-sungguh dan ulet
  • Tidak banyak makan
  • Rajin membaca al-Qur’an.

Ulama ada yang berpendapat bahwasanya “tidak ada satupunpun amalan yang lebih menambah kuatnya hafalan dari pada membaca al-Qur’an sambil melihat al-Qur’an”  

Redaksi Kitab Kuning (Kitab Ta’limul Muta’allim)

وَأَقْوَى أَسْبَابُ الْحِفْظِ : اَلْجِدُّ وَالْمَاظِبَةُ وَتَقْلِيْلُ الْغَذَاءِ وَصَلاَةُ اللَّيْلِ، وَقِرَاءَةُ الْقُرْآنِ مِنْ اَسْبَابِ الْحِفْظِ  قيل : لَيْسَ شَيْءٌ أَزِيْدُ لِلْحِفْظِ مِنْ قَرَاءَةِ الْقُرْآنِ نَظْرًا 

Terdapat pepatah dalam bahasa Arab yang mengatakan :

اَلتِّكْرَارُ يُفِيْدُ اَلْقِرَارُ

Artinya : “mengulang-ulang dapat menguatkan hafalan”

Inilah Perkara Yang Menyebabkan Lupa

Didalam kitab kitab Ta’li Mul Mutaallim oleh Syekh Imam Az-Zarnuji  menyebutkan ada beberapa perkara yang dapat menyebabkan hafalan lupa sebagai berikut :

  • Melakuakan perbuatan maksiat
  • Banyak melakukan dosa
  • Gila dan gelisa dalam urusan dunia.
Syaikh imam Az-Zarnuji menerangkan bahwa seharusnya orang yang berakal itu janganlah tergila-gila dengan perkara dunia, karena akan membahayakan dan tidak ada manfaatnya sama sekali. Gila dalam urusan dunia akan menyebabkan gelapnya hati, sedang gila dalam urusan akhirat akan menyebakan hati bercahaya. Kegilaan dalam urusan dunia akan menghalangi untuk berbuat kebajikan, sedangkan  kegilaan dalam urusan akhirat akan membawa kepada amal kebajikan”.

Sumber :

  • Kitab Ta’li Mul Mutaallim
  • Durratun an-Nashihin

Posting Komentar untuk "Amalan Agar Cepat Hafal dan Tidak Mudah Lupa Versi Kitab Kuning"