Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi 4 Aplikasi Kamus Arab Indonesia Terbaik Dan Terlengkap Di Tahun 2021

NGAJISALAFY.COM-Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang penting untuk dipelajari dan bahasa ini termasuk bahasa yang paling populer di Dunia, khususnya bagi ummat Islam. Mengapa demikian? Karena bahasa Arab sebagai bahasa utama yang digunakan dalam ibadah seperti solat, membaca al-Qur’an dan lain lain sebagainya. Di samping itu, bahasa Arab juga merupakan bahasa penduduk surga sebagaimana keterangan hadist dibawah ini:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: أَحِبُّوُا الْعَرَبَ لِثَلاَثٍ: لِأَنِّي عَرَبِيٌّ، وَالْقُرْآنُ عَرَبِيٌّ، وَكَلاَمُ أَهْلِ الْجَنَّةِ عَرَبِيٌّ (رَوَاهُ اَلطَّبْرَانِي)

Artinya: Dari Ibnu Abbas radhiyaala hu anhu, sesungguhnya Rasulallah s.a.w. telah bersabdah: “Cintailah bahasa Arab karena tiga hal, pertama karena saya (nabi Muhammad) adalah orang Arab, kedua al-Qur’an berbahasa Arab dan ketiga bahasa penduduk surga adalah bahasa Arab”. (H.R At-Tabrani)

Mempelajari bahasa Arab bukanlah hanya sekedar soal ibadah saja, melainkan memiliki aspek yang sangat luasa. Seperti memahami sumber hukum islam, berkomunikasi dengan orang Arab, menjalin hubungan bisnis dengan orang Arab dan lain lain sebagainya. Oleh karena itu, agar kita bisa itu semua maka diperlukanya untuk memahami bahasa mereka (bahasa Arab).

Di zaman modern ini, untuk menterjemah atau mengartikan bahasa Arab bukanlah hal yang sulit. Dibekali dengan teknologi yang canggi kamu bisa mengartikan bahasa Arab dengan mudah dan cepat hanya melalui Android tanpa harus membuka kamus Arab.

Nah, terkait hal ini kami akan membahas 4 Aplikasi Kamus Arab Indonesia atau Indonesia Arab terbaik dan terlengkap. Semoga dengan adanya aplikasi ini, kita lebih giat dan semangat lagi untuk belajar bahasa Arab. Apa saja aplikasi tersebut? Simak penjelasanya sebagai berikut:

4 Aplikasi Kamus Arab Indonesia Terbaik dan Terlengkap

1. Kamus Ristek Muslim

Ristek muslim merupakan kamus pertama yang menurut kami paling recommended untuk didownload bagi para pelajar atau guru yang menggeluti bahasa Arab. Aplikasi ini telah rilis sejak tahun 2012 dan terus menerus melakukan update untuk memberikan yang terbaik kepada para penggunanya.

Saat ini, aplikasi kamus ristek muslim telah didownload oleh lebih dari 1 juta pengguna. Bukan hanya itu saja, ulasan yang diberikan oleh punggunanya rata-rata bernilai positif denga skor bintang 4.6 dari 5. Hal ini menujjukan bahwa kebanyakan dari pengguna merasa bahwa kamus ini bagus, berkualitas dan sangat membantu kebutuhan mereka dalam mempelajari bahasa Arab.

Dengan mengistal aplikasi ini, serasa akan mempunyai 7 kamus Arab yang berbeda-beda di ponsel kita. Dengan adanya 7 kamus berbeda ini, kita bisa dengan mudah berpindah-pindah antar kamus jika masih belum menemukan terjemahan yang pas pada suatu kamus tertentu. 7 kamus tersebut ialah sebagai berikut: kamus al-Munawwir, Mu’jam al-Ghony, Mu’jam al-Mu’ashiroh, Ma’ajim al-Arab, Lisanul Arab, Kamus al-Quran.

Berbicara tampilan, aplikasi ini sangatlah simpel dan mudah untuk digunakan. ia bisa menterjemahkan dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab atau bahasa Arab ke bahasa Indonesia.

Adapun Fitur-fitur atau keunggulan aplikasi ini sebagai berikut:

  • Menterjemah kosa kata tanpa koneksi internet (offline).
  • Menterjemah kosa kata dari Arab-Indonesia.
  • Menterjemah kosa kata dari Indonesai-Arab.
  • Menterjemah kosa kata dari Arab-Arab.
  • Terdiri dari kurang lebih 150 ribu kosa kata.
  • Gratis bebas iklan
  • Mengetahui Jama' atau mufradnya suatu kata
  • Mengetahui Lafad lafad tertentu yang terdapat di dalam al-Qur'an.
  • Tashrifan (perubahan) suatu kata.
Jadi tunggu apa lagi langsung saja kunjungi Playstore untuk mendownload aplikasi ini atau bisa langsung mengklik DISINI.

2. Almaany Kamus Arab Indonesia

Kamus Almaany ini, belum sepopuler kamus ristek muslim, akan tetapi menurut kami kamampuanya cukup bisa bersaing. Aplikasi ini bisa dijadikan sebagai aplikasi tambahan untuk koleksi kamus ristek muslim kalian. kedua kamus ini bisa kalian bandingkan guna memperkaya makna atau menterjemah suatu kata.

Aplikasi ini rilis pada pertengahan tahun 2016. Penggunanya kurang lebih seratus ribuan lebih, meskipun penggunaanya lebih sedikit dibandingkan dengan kamus ristek muslim, menariknya para pengguna aplikasi ini memberikan ratting positif 4.6 dari 5 bintang serta para penggunanya memberikan ulasan rata-rata positif. Hal ini berarti bahwa kamus ini dianggap memuaskan bagi penggunanya dan aplikasi ini akan terus berkembang hingga menyusul kamus ristek muslim.

Meskipun kamus Almaany Arab Indonesia tidak memberikan pilihan 7 kamus seperti aplikasi sebelumnya. Almaany tetap menyediakan fitur fitur dasar sebuah kamus yakni sebagai berikut:

  • Menterjemahkan kata Arab-Indenesia
  • Menterjemahkan Kata Indonesia-Arab
  • Tanpa koneksi internet (offline)
  • Gratis (muncul iklan)
  • Tanpa iklan (versi berbayar)

Kamus Almaany hanya bisa menterjemahkan kata per kata sebagaimana kamus sebelumnya. Fitur untuk menterjemahkan sebuah kalimat masih belum tersedia. Hal ini tidak mengherankan dan bisa dimaklumi, karena aplikasi yang versi berbayar pun juga tidak memiliki fitur tersebut.

Tunggu apa lagi jika kalian tertarik untuk memilikinya silahkan download di Playstore atau silahkan klik DISINI.

3. Kamus Bin Mahfud

Aplikasi selanjutnya yang menurut kami recommended bagi para pelajar atau guru yang menggeluti bahasa Arab ialah Kamus Bin Mahfud. Kamus ini merupakan kamus Arab-Indonesia yang tidak hanya menterjemahkan suatu kata saja, akan tetapi juga bisa mentashrif kata, menemukan akar kata dan mengetahui bina’ (bentuk) suatu kata.

Kamus ini memuat kurang lebih 150 ribu kosa kata Arab, berikut ini kami akan tampilkan fitur-fitur kamus ini sebagai berikut:

  • Menterjemahkan Kosa kata Arab-Indonesia.
  • Menterjemahkan Kosa Kata Indonesia-Arab.
  • Robot sorrof untuk mentashrif suatu kata.
  • Mengetahui Bina’ (bentuk) suatu kata.
  • Memuat kurang lebih 150 ribu kosa kata.
  • Menyalin dan membagikan hasil terjemahan.

Meskipun aplikasi ini tidak mendukung pencarian secara offline (harus online), aplikasi ini tetap termasuk aplikasi recommended bagi para pelajar atau guru.

Untuk mendapatkan aplikasi ini silahkan download di Playstore dengan mengetik kata kunci di kolom pencarian “Kamus Bin Mahfud” atau bisa klik DISINI.

4. Kamus Arab Indonesia

Kamus Arab Indenesia merupakan salah satu kamus terbaik diantara kamus bahasa Arab lainya. Aplikasi yang mendukung fitur untuk menterjemahkan dari bahasa Arab-Indonesia atau sebaliknya. Dan yang pastinya aplikasi ini mendukung fitur pencarian offline dan gratis. Jika berminta silahkan download aplikasi ini di Playstore atau mengklik DISINI.

Jika masih kebingungan untuk mendownload aplikasinya silahkan tonton video dibawah ini:

Demikianlah Rekomendasi 4 Aplikasi Kamus Arab Indonesia Tebaik Dan Terlengkap Ini. Jika anda memiliki saran kamus yang lain silahkan komen dikolom komentar. Sekian dari kami semoga bermanfaat...

2 komentar untuk "Rekomendasi 4 Aplikasi Kamus Arab Indonesia Terbaik Dan Terlengkap Di Tahun 2021"