Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Masder Dan Isim Masder

Inilah Perbedaan Antara Masder dan Isim Masder

Ngajisalafy.com – Para sahabat pecinta bahasa arab, sebelumnya admin berterima kasi karena telah meluangkan waktunya untuk berkunjung diblog Ngajialafy.com. baik langsung saja pada kesempatan ini admin akan berbagi pengetahun seputar bahasa arab atau lebih tepatnya ilmu Sorrof yang berjudul Perbedaan Masder dan Isim Masder, dalam bahasa arab terbentuknya suatu lafad itu pasti tidak terlepas dari masder yang sebagai asal-muasal adanya suatu lafadz, berbeda halnya dengan ulama yang mengatakan bahwasanya asal-muasal terbentuknya kalimat itu berupa fi’il.

PEMBAHASAAN 

Perlu diketahui bahwasanya masder itu merupakan suatu bentuk kata (Lafadz) yang terletak nomor tiga dari tasrifan (ضَرَبَ – يَضْرِبُ - ضَرْبًا).

الإِسْمُ المَنْصُوْبُ اللَّذِي يَجِيْئُ ثَالِثًا فيِ تَصْرِيْفِ الْفِعْلِ نحو ضَرَبَ – يَضْرِبُ - ضَرْبًا

artinya : isim yang di baca nasob yang jatuh nomor tiga dari tasrifan fiil. 

 Sedangkan definisi (تعريف) masder itu sendiri yang ada didalam kitab: Jamiuddurus, Juz Satu Hal. 160

Definisi Masder 

المصدر هو اللفظ الدال على الحدث، مجردا عن الزمان، متضمنا أحراف فعله لفظا، مثل (عَلِمَ – يَعْلَمُ – عِلْمًا)، أو تقديرا، مثل : (قَاتَلَ – قِتَالاً)، أو معوضا مما حرف بغيره، مثل: (وَعَدَ – يَعِدُ – عِدَةً)، و (سَلَّمَ – يُسَلِّمُ – تَسْلِيْمًا

Masder ialah lafadz yang menujjukan arti pekerjaan dan sepi dari zaman serta mencakup semua huruf-huruf Fi’il-nya, baik secara lafadz seperti عِلْمًا yang merupakan masder dari fi’ilnya (  عَلِمَ - يَعْلَمُ ) atau dengan perkiraan seperti lafadz : قِتَالاً   dari fiilnya yang berupa  يُقَاتِلُ)  (قَاتَلَ, atau mengganti huruf yang dibuang seperti lafadz عِدِةً dari fi’ilnya ( (وَعَدَ – يَعِدُ 

Definisi Isim Masder 

Begitu juga definisi isim masder admin mengambil keterangan yang ada dikitab: Jamiuddurus Juz 1 hal. 176

اسم المصدر هو ما سوى المصدر في الدلالة على الحدث، ولم يساوه في اشتعماله على جميع أحرف فعله، بل خلتْ هيئَتُهُ من بعض أحرف فعله لَفْظًا وتقديرًا من غير عوضٍ، وذلك مثل : (تَوَضَّأَ – وُضُوْءً)، و (تَكَلَّمَ – كَلاَمًا).

Isim masder ialah lafadz yang menujjukkan arti yang tidak disertai zaman serta tidak memuat semua huruf fi’il nya bahkan adakalanya dikurangi (baik secara lafdzi maupun takdiri yang tanpa ada ganti. Seperti contoh Lafadz وُضُوْءً yang mana itu terbuat dari lafadz تَوَضَّأَ.

hal ini disebut isim masder karena pada lafad وُضُوْءً ini ada salah satu huruf yang tidak disebutkan berupa huruf (ta’) yang merupakan huruf yang terdapat di fi’il madinya yakni تَوَضَّأ.

Mungkin hanya ini apa yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaan dan apabila dari sahabat sahabt pecinta bahasa arab ada yang ingin di tanyakan silahkan komen di kolom komentar.