Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tenyata Ini Alasanya Kenapa Zaid Memukul 'Amr

 


                         

Mungkin ada yang bertanya, Mengapa Didalam kitab-kitab yang membahas Ilmu Nahwu seperti Jurumiyyah, Muktasor Jiddan, 'Imrity, Alfiyah dan lain lain sebagainya. kita sering menemukan contoh kalimat yang berbunyi ضَرَبَ زَيْدٌ عَمْرًا (Zaid memukul 'Amr)?

Nama Zaid dan 'Amr seakan-akan bisa dikatakan sebagai Selebriti. Nah, dari contoh diatas tenyata ini ada kisah unik yang telah dijelaskan oleh Syaikh Musthofa Lutfi bin Muhammad Lutfi Al-Manfaluti didalam kitabnya yang berjudul An-Nadharat. beliau lahir dikota Mesir pada tahun 1876 - wafat pada tahun 1924 Masehi.  beliau merupakan seorang penulis dan penyair dimasa itu.

            Didalam kitabnya dikisahkan :

Pada zaman dahulu terdapat seorang yang bernama DAUD BASYA, yang merupakan Seorang Gubernur dari daulah usmaniyyah pada masa itu. Gubernur tersebut sangatlah berkeinginan sekali untuk belajar Bahasa Arab (Nahwu Sorrof). Kemudian ia mendatangkan seseorang ulama' untuk mengajarinya. ketika seorang ulama' tadi menerangkan Tentang I'rab Rafa' dan Nashob atau Fi'il Mutaddi (Fi'il+Fa'il dan Maf'ul) Ia mencontohkan dengan Lafadz yang berbunyi "Dharaba Zaidun 'Amran (Zaid memukul 'Amr). Lalu Gubernur itu bertanya :         

"Apa bentuk kesalahan 'Amr (عمرو) Kepada Zaid (زيدhingga Zaid memukulnya setiap hari ? Apakah 'Amr memiliki kedudukan yang lebih rendah dibangdingkan Zaid, sehingga Si Zaid dengan bebas memukulnya, dan 'Amr tidak bisa membela dirinya ?"

Si Gubernur menanyakan prihal ini sambil menghentakkan kakinya ke tanah Sambil marah-marah.

Lalu gurunya pun menjawab :"Tidak ada yang dipukul dan tidak ada yang memukul !. ini hanyalah sebagai contoh saja yang digunakan oleh ulama'-ulama' nahwu untuk mempermudahkan dalam mempelajari Kaidah-kaidahI Ilmu nahwu’’.

Ternyata Jawaban tersebut tidak memuaskan sang Gubernur. Kemudia Ia marah dan memenjarakan gurunya tadi. Kemudia ia menyuruh anak buahnya untuk mencari ulama nahwu yang lain. kemudia Ia menanyakan lagi kepada mereka seperti pertanyaan yang pertama dan mereka pun juga menjawab dengan jawaban yang sama.

karena jawabanya yang sama kemudian mereka pun masuk penjara hingga banyak ulama' - ulama' yang terpenjara di Negeri-Nya lantaran jawabanya yang tidak dapat memuasakan si Gubernur. pada akhirnya penjara penuh dengan para ulama dan madrasah - madrasah semakin sunyi.

oleh karena itu, kejadian ini menjadi viral dan menjadi perbincangan dimana-mana. hingga sang Gubernur memutuskan untuk mendatangkan ulama'-ulama' ahli nahwu dari kota Bangdad, mereka pun hadir dihadapan Gubernur.

            Akhirnya Pemimpin ulama' yang paling alim, cerdas dan cerdik dari para ulama ulama di Baghdad ia memberanikan diri dan menjawab pertanyaan sang Gubernur. Gubernur Daud Basya bertanya lagi :"Apa kesahanya si 'Amr hinggan Ia selalu dipukul si Zaed ?

Ulama itu pun Menjawab  : "Adapun kesalahan Si 'Amr kepada Zaid ialah karena ia telah mencuri huruf wawu (و) yang seharusnya milik anda wahai gubernur.

ulama tadi sambil menunjuk adanya huruf wawu pada lafadz 'Amr (عمرو) yang berada setelah huruf ro’ yang saharusnya huruf wawu pada lafadz Daud ada dua (2) (دَاوُوْدُ). Lihatlah ! sekarang hanya ada satu (دَاوُد) karena dicuri oleh 'Amr (عمرو).

Oleh karena itu, para ulama nahwu memberikan hak kebebasan untuk memukul Amr, sebagai hukuman atas perbuatannya itu!.

Tatkala mendengar jawaban itu, Akhirnya Sang Gubernur merasa puas dan memuji ulama tersebut. Sebagai Imbalanya sang Gubernur menawarkan apa saja yang ia minta.

ulama itu menjawab: Kami hanya meminta  para ulama yang anda penjarakan segera dibebaskan semuanya”.

Mendengar permintaanya seperti itu akhirnya sang Gubernur mengabulkannya dan memberikan hadiah kepada para ulama baghdad serta di antarkanya pulang ke negeri mereka.

 

1 komentar untuk " Tenyata Ini Alasanya Kenapa Zaid Memukul 'Amr"

Anda Mendapatkan Manfaat Dari Informasi Ngaji Salafy? berkomentarlah dengan baik dan tidak menaruh link aktif.

Hormat Kami
Admin Ngaji Salafy