Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sambutan Acara

CARA MEMUBUAT SAMBUTAN SUATU ACARA

Pada artikel ini Admin akan memberikan cara tentang membuat sambutan suatu acara. Namun sebelum kita membuat sambutan tersebut, terlebih dahulu  kita harus memahami cara menyusunnya. Adapun susunannya sebagai berikut:

1.      Salam

2.      Khutbah

3.      Penghormatan

4.      Ungkapan syukur dan sholawat

5.      Memperkenalkan diri

6.      Menyampaikan isi

a.      Ucapan terimakasih

b.      Permintaan maaf

7.     Mangakhiri sambutan dengan permintaan maaf

8.      Menutup sambutan dengan salam.

Contoh diatas hanyalah sebuah gambaran susunan sambutan yang biasa kita pakai pada suatu acara, selanjutnya dapat anda kembangkan sendiri. Setelah penyusunan konsep selesai, mari kita mencoba untuk mengaplikasikannya, seperti contoh dibawah ini.

1.     Salam

Contoh:

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه      

2.    Khotbah

Contoh :

الْحَمْدُ لِلهِ اَلَّذِي اَنْعَمَنَا بِالتَّوْفِيْقِ وَالْهِدَايَةِ وَنَسْتَعِيْنُهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ الْقَوِيَّةِ فَإِنَّهُ لَاحَوْلَ وَلَا قُوَّتَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِ الْعَرَبِ وَالْعَجَمِ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ. اَمَّا بَعْدُ

3.     Penghormatan

Contoh:

Hadrotal mukarromin para ulama yang sangat saya mulyakan terutama kepada KH. Alimuddin As’ad Bchk. Beliau selaku pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum. Dan para Aparatur Pemerintah terutama kepada Bapak Kepala Desa setempat sangat saya hormati, tidak lupa pula kepada segenap undangan yang berbahagia.

4.     Ungkapan syukur dan sholawat

Contoh:

Tiada ungkapan yang paling bermakna untuk mengawali pertemuan kita pada kesempatan kali ini, melainkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat yang berupa sehat dan sempat, sehingga kita dapat berkumpul dan bersua ditempat yang penuh dengan barokah ini.

Sholawat dan salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada nabi kita yaitu Nabi besar Muhammad SAW, yang mana beliau merupakan sosok yang telah mengangkis kita dari jurang kebatilan menuju istana kedamaian yang disinari dengan Nur Iman dan Islam.

5.     Memperkenalkan Diri

Contoh:

Pada kesempatan kali ini kami atas nama shohibul hajah ada beberapa hal yanng ingin saya sampaikan.

6.     Menyampaikan Isi:

a.    Ucapan Terimakasih

Contoh:

Pertama, kami mengucapkan ribuan terimakasih atas kehadiran para undangan, para bapak, para ibu, para simpatisan terutama kepada KH. Alimuddin As’ad Bchk, yang berkenan hadir pada kesempatan kali ini.

b.    Ucapan maaf atas segala kekurangan

Contoh:

Kedua, kami selaku wakil dari shohibul hajah mohon maaf apabila ada kekurangan, baik hal itu berupa hidangan yang kurang memuaskan, atau dari tempat yang kurang luas, sekali lagi kami selaku wakil dari shohibul hajah mohon maaf yang tiada taranya.

7.     Mengakhiri sambutan dengan permintaan maaf

Contoh:

Dan yang terakhir, pribadi dari saya selaku wakil dari shohibul hajah apabila ada hal-hal yang kurang berkenan dihati para hadirin, baik itu menyangkut perkataan yang kurang sopan atau dari tingkah laku, sya mohon maaf yang tiada tara.

8.     Menutup sambutan dengan salam

Contoh:

وَبِاللهِ التَوْفِيْق وَالْهِدَايَه. ثُمَّ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه