Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Agar Mudah Bangun Malam untuk Solat Tahajud menurut Kitab Ihya' Ulumiddin

Ngaji Salafy | Kitab Ihya' Ulumiddin merupakan salah kitab yang sangat legendaris, kitab ini disusun oleh imam Ghazali. Dalam kitabnya tersebut terdapat suatu keterangan tentang tips agar cepat bangun malam supaya bisa menunaikan solat malam seperti shalat tahajud. Solat tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat di anjurkan dalam syari'at islam. Akan tetapi, untuk bisa bangun malam ternyata ada beberapa rintangan yang harus kita lewati agar bisa menunaikan solat tahajud. Diantaranya kita harus bangun malam, menahan rasa ngantuk, menahan diri dari dinginnya air wudhu ketika membasahi kulit dan lain lain sebagainya. Oleh kerena itu, jika kita ingin mudah bangun malam maka, lakukanlah 7 tips dibawah ini yang keterangannya kami ambil dari kitab Ihya' Ulumiddin ialah sebagai berikut:

Baca Juga: Inilah 3 Rahasia Sukses di Dunia dan Akhirat

Tips Supaya Mudah Bangun Malam

 واعلم أن قيام الليل لا يتيسر إلاّ من وفق للقيام بشروطه وهي

Ketahuilah bahwa beribadah diwaktu malam tidak akan mudah kecuali bagi orang yang diberi taufiq untuk bangun dengan disertai syarat-syaratnya, ialah sebagai berikut:

1. Tidak banyak makan

أن لا يكثر الأكل فيكثر الشرب فيغلبه النوم ويثقل عليه القيام

Hendaknya engkau tidak memperbanyak makan kemudian, memperbanyak minum sehingga itu semua menyebabkan tidur dan sulit untuk bangun.

2. Kurangi aktivitas di siang hari

أن لا يتعب نفسه بالنهار في الأعمال التي تعيا بها الجوارح وتضعف بها الأعصاب فإن ذلك مجلبة للنوم

Seharusnya engkau tidak membuat payah dirimu di siang hari dengan kegiatan yang dapat membuat lelah anggota badan dan melemahkan urat tubuh karena itu dapat menyebabkan nikmatnya tidur dimalam hari.

3. Tidur qailulah

أن لا يترك القيلولة بالنهار فإنها سنّة للاستعانة على قيام الليل

Seharusnya engkau tidak meninggalkan qoilulah (tidur sebentar sebelum dzuhur) dikarenakan itu sunnah serta membantu engkau agar mudah bangun malam.

4. Hindari perbuatan dosa di siang hari

أن لا يحتقب الأوزار بالنهار فإن ذلك مما يقسي القلب ويحول بينه وبين أسباب الرحمة

Seharusnya engkau tidak melakukan perbuatan-perbuatan dosa di siang hari karena itu dapat menyebabkan kerasnya hati dan membuat kamu terhalang akan turunnya rahmat.

5. Membersihkan hati dari sifat tercela

سلامة القلب عن الحقد على المسلمين وعن البدع

Bersihnya hati dari sifat dengki terhadap kaum muslim dan bersih hati dari perbutan bid'ah (sesuatu yang baru dan tidak sesuai dengan ajaran islam).

6. Tumbuhkan rasa takut kepada Allah

خوفٌ غالبٌ يلزم القلب مع قصر الأمل

 Adanya rasa takut yang selalu menjadi hal yang pasti didalam hati beserta sedikitnya angan-angan.

7. Mengetahui keutaaman shalat malam 

أن يعرف فضل قيام الليل بسماع الآيات والأخبار والآثار حتى يستحكم  به رجاؤه وشوقه إلى ثوابه

Engkau seharusnya mengetahui tentang keutamaan beribadah diwaktu malam dengan mendengarkan ayat ayat suci al-Qur'an, hadits Nabi serta perkataan para sahabat dan tabi'in sehingga harapan dan keinginannya untuk mendapatkan pahala dapat menumbuhkan semangat untuk bangun malam.

Demikianah 7 tips agar kita semua mudah bangun malam dan bisa menunaikan solat malam, semoga kita semua sentiasa bisa mengistiqomahkan solat malam dan kita semua termasuk golongan orang orang yang ahli ibadah disisi Allah kelak di akhirat. Wallahu 'A'lam

Posting Komentar untuk "7 Tips Agar Mudah Bangun Malam untuk Solat Tahajud menurut Kitab Ihya' Ulumiddin "