-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 5 Jurus Sakti Mudah Belajar dan Cepat Menghafal

NGAJISALAFY.COM |  Anda menginginkan agar mudah faham pelajaran atau anda ingin cepat menghafal seperti menghafal nadhom alfiyah, nadhom imrity maupun nadhom maqsud maka saya ucapkan selamat!!! karena anda sekarang berada di blog yang tepat karena pada postingan ini kami akan membahasnya secara lengkap dan tentunya jurus ini berdasarkan anjuran ulama dan para ilmuan lainnya. Baik apa saja 5 jurus saktinya? silahkan simak dibawah ini.

Baca Juga: Inilah Kisah Syekh Barsiso Sang Ahli Ibadah yang Su'ul Khotimah

5 Jurus Sakti Mudah Belajar dan Cepat Menghafal

ilustrasi belajar dan menghafal

1. Tanamkan rasa senang pada materi yang akan anda pelajari dan anda hafalkan

Imam al-Ghozali pernah berkata sebenarnya kekuatan memory manusia itu sama saja. kemudian Imam al-Ghozali mencontohkan dengan betapa mudahnya seseorang menghafalkan syair-syair, lagu-lagu dan lain lain sebagainya. Tentu anda akan mengigatnya dengan mudah berapa uang anda, bertambah berapa, berkurang berapa karena itu semua merupakan kesenangan anda. Anda akan selalu ingat hero-hero di game mobile legends, mulai dari tingkatan level, emblem, tipe hero seperti apakah hero ini masuk dalam ketegori Assasin, Tank, Finghter, Mage, Marksmen maupun Supprot. Kerena apa? sudah barang tentu karena game tersebut kesukaan anda. Oleh karena itu, maka mulailah dari sekarang, tanamkan dalam hati anda! "nadhom alfiyyah kesenanganku, nadhom imrity kesukaanku, jurumiyyah pujaanku dan membaca (motholaah) adalah hobiku."

2. Anggaplah mudah setiap materi yang akan anda baca atau anda hafalkan
Ketika anda mulai belajar atau menghafal, maka tanamkan dalam hati bahwa “saya akan faham dan hafal dengan mudah” jangan sesekali punya perasaan “pelajaran ini sulit difaham atau dihafal”. Karena perasaan ini akan memberikan sugesti buruk pada mental anda dan akan menghambat jaringan otak anda untuk bekerja secara optimal.

3. Jangan hiraukan keadaan sekitar atau pikiran-pikiran diluar materi yang anda pelajari dan belajarlah dengan rileks tapi serius. 

Jean Marie Stine pernah berkata “jaringan otak manusia sebenarnya melebihi jaringan komputer manapun” karena otak kita dapat menggunakan 100 milyar bit informasi dan dapat bergerak lebih dari 300 mil perjam, dan satu-satunya kunci untuk mengoptimalkan fungsi otak adalah dengan peningkatan konsentrasi. Seorang profesor dari Jepang memiliki kiat belajar yang unik, ia mengatakan rahasia belajarnya pada seorang temannya, “walaupun saya hidup dikota industri yang padat penduduk, namun ketika belajar, saya bayangkan seolah-olah berada di Goa atau taman yang sunyi, suara-suara mesin itu saya anggap bagai suara burung yang merdu sehingga saya bisa konsentrasi penuh dengan apa yang saya pelajari”.

4. Menyimpulkan apa yang anda baca dengan menulisnya dalam bentuk catatatn-catatan. 

Misalnya jika anda mempelajari tentang bab kalam maka, simpulkan dengan ringkas tentang syarat-syarat membuat kalam dan buatlah skema pembagiannya.

5. Catatlah keterangan-keterangan yang dianggap penting. 

Sering kali kita menemukan keterangan penting dan ketika saatnya kita membutuhkan keterangan tersebut kita sudah lupa persisnya terdapat pada kitab apa, bab apa, halaman berapa ? sayang sekali kalau pengetahuan-pengetahuan berharga itu hilang begitu saja. Untuk itu mulai sekarang sediakan buku-buku untuk mencatat keterangan dari fan-fan ilmu yang sedang anda pelajari. Sediakan catatan khusus untuk fiqh, hadist, tafsir, ushul fiqh, tauhid dan fan ilmu lainnya untuk mempermudah perujukan kembali, berilah nomor pada masing-masing halamannya dan buatlah daftar isi/fihris pada halaman depan.

Demikianlah 5 jurus sakti mudah belajar dan cepat hafal, sekiranya kita dapat memperaktekkan insya Allah kita akan merasakan mudahnya belajar dan mudahnya menghafal. Semoga bermanfaat Wallahu 'A'lam

Posting Komentar untuk "Inilah 5 Jurus Sakti Mudah Belajar dan Cepat Menghafal"