-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Alasan Penting Islam Mewajibkan Untuk Mendidik Anak

NGAJISALAFY.COM | Memiliki anak bukanlah hanya sekedar perhiasan bagi kedua orang tuanya, melainkan juga merupakan cobaan (fitnah) yang harus dipertanggung jawabkan. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT yang mengingatkan kepada kita sebagai orang tua yang berbunyi:

وَاعْلَمُوا أَنَّما أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ وَأَنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ

Artinya: "Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar. (QS. al-Anfaal : 28).

Berdasarkan dari ayat di atas, maka bagaimana sikap kedua orang tua didalam menghadapi dan memperlakukan cobaan anak itu akan sangat mempengaruhi kondisi anak dalam perkembangannya. Maka yang menjadi kewajiban bagi kedua orang tua khususnya dan bagi pendidik umumnya yakni mengarahkan dan membimbing anak-anaknya menuju hal-hal yang baik dan benar serta menjauhkan mereka dari pengaruh-pengaruh jelek yang dapat mewarnai keimanan serta keperibadian mereka.

Terkait dengan kewajiban orang tua untuk mendidik anak, Islam yang mengakui akan kefitrahan seorang anak, seakan menjadi alasan terkuat bagi setiap orang tua untuk mengarahkan anak-anaknya serta mengembangkan potensi fitrah manakala potensi itu tertutup oleh polusi lingkungan yang menyimpang. Karena sebagaimana dikatakan Imam Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad berbunyi:

ومعنى التربية يشبه الفلاح الي يقلع الشوك. ويخرج النباتات الأجنبية من بين الزرع لحيسن نباته. ويكمل ريعه

Artinya: "Bahwa mendidik itu menyerupai perbuatan seorang petani yang berusaha untuk membuang duri dan hama yang akan merusak sebuah tanaman demi menghasilkan panen yang bermutu".

Inilah 7 Alasan Penting Islam Mewajibkan Untuk Mendidik Anak

Alasan Penting Mendidik Anak
ilustrasi orang tua mendidik anaknya

لأنها سبب في دخول الجنة والنجاة من النار بإذن الله
Pertama: Karena sebab mendidik anak orang tua  akan dimasukkan ke dalam surga dan bebas dari api neraka.
لأنها عبادةٌ عظيمةٌ ومُتعة ولذَّة في الحياة الدنيا
Kedua: Karena mendidik adalah sebuah ibadah yang agung dan terdapat kenikmatan tersendiri yang akan dirasakan dalam hidup ini.

لأن من حق الأبناء على الآباء أن يعيشوا حياةً طيبةً ، والتربيةُ السليمة سببٌ في ذلك بإذن الله
Ketiga: Karena hak anak kepada orang tua untuk menjalani kehidupan yang baik, dan pendidikan yang layak adalah alasan dalam hal ini.
لأن الأُمة تحتاج إلى شبابها
Keempat: Karena bangsa ini membutuhkan para pemudanya.
لأن أطفال اليوم هم رجالُ الغد
Kelima: Karena anak-anak hari ini merupakan orang-orang masa depan. 
لأن الأبناء يُولدون على الفطرة ؛ وللتربية الأثرُ الأكبر في ثباتِ الفطرة أو فسادِها
Keenam: Karena anak-anak dilahirkan dengan naluri, dan pendidikan itu akan memiliki dampak terbesar dalam menentukan stabilitas insting yang dimilikinya
.لأن أغلب المشكلات في مراحل العمر المتقدمة سببُها التهاونُ في التربية في الصِّغر
Ketujuh: Karena sebagian besar masalah dalam tahap lanjut kehidupan disebabkan oleh kelambatan dalam pendidikan di usia muda. 

Demikianlah 7 alasan penting  Islam mewajibkan untuk mendidik anak. Dan memiliki anak yang bermutu merupakan salah satu kebanggaan bagi orang tua khususnya dan para tenaga pendidik umumnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Wallahu 'A'lam

Posting Komentar untuk "7 Alasan Penting Islam Mewajibkan Untuk Mendidik Anak"