-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Tafsir Lafadz Basmalah

NgajiSalafy.com | Menurut satu pendapat, diantara makna yang berhubungan dengan bismillah (بسم الله) secara mendalam adalah huruf Ba' berarti Baha'ullah (sifat bagusnya Allah Swt), huruf Sin berarti Sana'ullah (sifat luhur Allah Swt), huruf Mim berarti Majdullah (sifat agung Allah Swt). Sementara menurut pendapat lain huruf Ba' berarti buka' (menangis)nya orang-orang yang taubat, huruf Sin berarti Sahwu (lupa)nya orang-orang yang pelupa dan huruf Mim berarti Maghfiroh (pengampunan) bagi orang-orang yang berbuat dosa. Para Ulama' berpendapat bahwa sebenarnya Allah SWT meletakkan semua Ilmu di dalam huruf Ba', dalam artian bahwa dengan Akulah wujudnya perkara yang sudah wujud (bi kana ma kana), dan dengan Akulah akan wujud perkara yang akan wujud (bi yakunu ma yakunu), maka wujudnya seluruh alam ini adalah dengan Aku (Allah Swt).

Kupas Tuntas Kandungan Lafadz Basmalah 

 
Lafadz Allah (ismu al-Jalalah) merupakan ratu atau raja nama-nama Allah Swt (Sulthanu al-Asma') yang berarti nama yang mengumpulkan atau mengandung nama-nama Allah Swt. Nama nama yang baik (Asmau al-Husna) seperti lafadz al-Rahman berarti kasih yang banyak (katsiru al-Rahmah), dan rahmat-Nya Allah Swt merata untuk semua Makhluk-Nya. Maka setiap orang harus mengasihi saudaranya supaya sesuai dengan sifat Allah yakni al-Rahman. sedangkan lafadz ar-Rahim berarti saat dimintai hamba-Nya, Allah Swt akan memberi, ketika tidak dimintai maka Allah Swt akan murka. Alasan mendasar kenapa hanya dua sifat tersebut yang dipakai, tidak nama-nama Allah Swt yang lain, adalah untuk menunjukkan bahwa Rahmat Allah Swt mendahului murka-Nya.

Nabi Muhammad Saw. Bersabda: "Sesungguhnya Allah Swt mempunyai 100 (seratus) Rahmah, yang 99 disimpan-Nya sedangkan yang 1 diturunkan pada Makhluk-Nya. Allah swt akan mengumpulkan mengumpulkan seluruh Rahmat-Nya pada hari kiamat, dan dengan Rahmat-Nya itu Ia mengasihi dan menyayangi Hamba-Nya." Allah Swt memberikan anugerah dengan Bismillahirrahmanirrahim khusus pada umat nabi Muhammad Saw.

Dari Bismillahirrahmanirrahim mengalir 4 (empat) macam sungai, seperti yang diriwayatkan, bahwa Beliau Nabi Saw. Bersabda: "Pada malam Isra' mi'raj, malaikat Jibril a.s. turun menghapiri ku, dan Jibril .a.s. berkata: Ya Muhammad bukalah kedua matamu, kemudian aku membuka kedua mataku, pada saat kedua mataku aku buka, aku lihat disampingku ada pohon yang sangat besar dan di sampingnya terdapat Kubah yang terbuat dari intan putih yang pintunya terbuat dari emas merah, di pintu tersebut ada gembok yang juga terbuat dari emas merah. Untuk menggambarkan besarnya kubah tersebut andaikan seluruh makhluk didunia ini dikumpulkan di kubah tersebut, maka nampak ibarat seekor burung di pucuk gunung, atau seorang berenang di tengah lautan. kemudian aku melihat sungai-sungai mengalir dari kubah itu. Ketika aku berpaling dan hendak meninggalkan tempat tersebut, Jibril a.s. berkata: Mau pergi kemana kamu Wahai Muhammad, apakah kamu tidak mau memasuki tempat tersebut?. kemudian aku berkata: Wahai saudaraku Jibril, bagaimana aku memasukinya padahal kubah tersebut ada gemboknya dari emas. Kemudian Jibril a.s. berkata: Bukalah kubah tersebut. Kemudian aku berkata: Bagaimana cara membukanya? sesungguhnnya kunci untuk membukanya adalah lafadz Bismillahirrahmanirrahim, jawab Jibril a.s. Kemudian aku melihat sungai air mengalir dari huruf Mim-nya lafadz Bismi, sungai susu mengalir dari huruf Ha'nya lafadz jalalah (Allah SWT), sungai khamer mengalir dari huruf Mim-nya lafadz Ar-Rahman, sungai madu mengalir dari huruf Mim-nya lafadz Ar-Rahim. maka aku mengerti bahwa sungai-sungai tersebut sumbernya berasal dari kalimat Bismillahirrahmanirrahim."

Makna Ijmali (Makna Umum)
Pengarang Nadham Jauharu al-Maknun memulai karyanya dengan bacaan Bismillah karena ikut (Iqtida') pada al-Qur'an al-Aziz dan mengamalkan hadis nabi Muhammad Saw, berbunyi:
كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ
"Setiap perkara baik yang tidak di mulai dengan Bismillahirrahmanirrahim maka seperti hewan yang tidak berekor atau ada anggota tubuhnya yang terpotong (maksudnya sedikit barakah-nya)."

Demikianlah tafsir lafadz Basmalah semoga bermanfaat. Wallahu 'A'lam 

Posting Komentar untuk "Inilah Tafsir Lafadz Basmalah"