-->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengantar Ilmu 'Arudl (علم العروض)

NgajiSalafy.com | Ilmu 'Arudl (علم العروض) merupakan suatu ilmu yang membahas tentang sya'ir Arab. Hampir setiap penggiat bahasa Arab khususnya santri pernah mempelajarinya, minimal mendengarnya. Ilmu 'Arudl ini hampir menjadi kurikulum pelajaran di setiap pesantren. Tujuannya adalah agar para santri atau penggiat bahasa Arab tidak hanya memahami bahasa Arab lengkap dengan ilmu sastra Arabnya (ilmu balaghoh) saja, melainkan juga mengetahui seni dari sya'ir Arab, berbagai macam not-notnya bahkan diharapkan juga dapat merangkai atau membuat sya'ir-sya'ir Arab.

Pengantar Ilmu 'Arudl (علم العروض)

علم العروض

Orang orang Arab yang hidup semasa dengan nabi Muhammad SAW, itu banyak yang dikenal sebagai orang yang mahir dalam menyusun dan melantunkan sya'ir. kekuatan alunan sya'ir mereka, itu sanggup menyihir para pendengarnya untuk ikut hanyut dalam suasana yang dibawakan oleh penya'ir. Jika isi sya'irnya mengajak bersedih maka, para pendengarnya akan ikut sedih. Jika isi sya'irnya mengajak gembira maka, para pendengar akan ikut gembira. Jika isi sya'irnya mengajak bersemangat, maka para pendengar akan ikut bersemangat. Bahkan, sya'ir juga banyak digunakan untuk memotivasi pasukan perang sebelum berangkat ke medan pertempuran agar gairah semangat tempur maksimal. Oleh karena itu, sangatlah pantas jika Rasulullah SAW pernah bersabdah yang berbunyi:

إِنَّ مِنَ الشِّعْرِ لَحِكْمَةً، وَإِنَّ مِنَ الْبَيَانِ لَسِحْرًا. (رواه الديامي)

"Sesungguhnya dari sebagian sya'ir terdapat kata bijak dan dari sebagian sastra itu pula terdapat sihir". (HR. Ad-Dailami)

Pada zaman itu, para pujangga dan penya'ir menempati status social yang tinggi, sebab dapat menggerakkan hati masyarakat yang sesuai kehendaknya melalui untaian sya'ir-sya'irnya. Bakat bersyair itu memang sudah melekat pada orang-orang Arab. Ini sebenarnya dunia Arab (bangsa Arab) sudah mencapai peradapan yang sangat maju termasuk dalam seni berbahasa.

Pada dasarnya, memang mempelajari ilmu 'Arudl bisa dikatakan agak sedikit rumit. Hal ini dikarenakan seseorang yang ingin belajar ilmu 'Aroudl harus terlebih dahulu menuntaskan ilmu Nahwu dan ilmu Shorrof atau ilmu dasar dalam gramatikal bahasa Arab. Namun, bukan berarti ilmu 'Arudl ini selamanya sulit untuk dipelajari.

Adapun materi materi yang terdapat dalam ilmu 'Arudl diantaranya mengenai rukun-rukun ilmu 'Arudl, mengenal bahar dan pembagianya, mengenal zihaf dan 'illat, bait dan pembagiannya serta qofiyyah. Insya Allah materi itu semua akan kami bahas pada postingan selanjutnya.

Demikianlah pengantar ilmu 'Aroudl semoga bermanfaat. Wallahu 'A'lam.  


Posting Komentar untuk "Pengantar Ilmu 'Arudl (علم العروض) "