Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Daging Ayam dan Tafsir Mimpinya Dalam Islam

NGAJISALAFY.com - Ayam merupakan salah satu hewan unggas yang banyak dikonsumsi maupun dipelihara. Ayam memiliki bulu, sayap dan beberapa organ tambahan yang tidak dimiliki oleh hewan unggas yang lain yakni jengger dan gelambir (pial). Hampir seluruh tubuhnya diselimuti oleh bulu kecuali pada kedua batang kaki dan telapaknya yang ditutupi oleh sisik.

Selain itu, bulunya juga melindungi ayam dari udara dingin, sayapnya tidak berfungsi sebagai alat terbang layaknya unggas yang lain. Akan tetapi meskipun demikian, ayam bisa terbang meskipun hanya beberapa meter, terutama untuk menghindar dan meyerang musuh atau bertengger di malam hari. Bertengger atau diam di kandangnya, bagunan maupun pepohonan.

Ayam memiliki cakar dan paruh yang digunakan untuk menyerang musuh atau menggali tanah saat mencari makanannya yang berupa serangga, biji-bijian dan sejenisnya. Pendengaran ayam kurang berfungsi sebaliknya indera penciuman dan prasanya yang bekerja dengan baik.
Manfaat Daging Ayam
Khasiat dan Keistimewaan
Daging ayam dapat menambah sperma dan kecerdasan serta dapat menjernihkan suara. Sangat dianjurkan jikalau anda minum madu setelah mengkonsumsi daging ayam.

Tafsir Mimpi
1). Jika bermimpi ayam jantan maka pertanda menjadi budak. Konon, ayam jantan merupakan pertanda seorang laki-laki yang menjadi muadzin (orang yang mengumandangkan adzan) dan suaranya terdengar ke halayak banyak orang.
2). Jika bermimpi ayam betina maka pertanda ada wanita yang mendatangkan berkah. Bila ayam tersebut banyak, maka pertanda akan ada tetangga atau wanita yang berkumpul dalam suatu acara pernikahan atau mengembirakan.

Dasar Pengambilan Hukum

وَتَحِلُّ النَّعَامَةُ وَالْكُرْكِيُ وَالْدَّيْكُ وَالدُّجَاجُ (الْعَزِيْزُ شَرْحُ الْوَجِزْ:١٣٩/١٢، رَوْضَةُ الطَّالِبِيْنَ: ٥٤٢/٢، الْإِقْنَاءْ: ٢٧٤/٢)
وَيَحِلُّ الدَّيْكُ وَالدُّجَاجُ وَالْحَمَامُ وَالرَّاجُ وَالْقَبْحُ وَالْقَطَا وَالْبِطُّ وَالْكُرْكِيُ وَالْعُصْفُوْرُ وَالْقَنَابِرُ لِقَوْلِهِ تَعَالىَ (وَيَحِلُّ لَهُمُ الطَّيٍّبَاتُ). (الْمُهَذّبُ: ٢٤٨/١)
عَنْ أَبِي مُوْسَى الْأَشْعَرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ: رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَكَلَ لَحْمَ الْدُّجَاجَةِ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ (الْعَزِيزْ شَرْحُ الْوَاجِزْ: ١٣٩/١٢)