Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Basmalah Dapat Menyembuhkan Orang Sakit dan Memberi Barokah?

Pertanyaan
Apakah bisa bacaan basmalah dapat digunakan untuk mengobati orang sakit dan memberi barokah ?

Jawaban
Ya bisa, sebab orang sakit yang dibacaakan asma' Allah (basmalah) maka insya Allah akan sembuh. Dan jika dibacakan pada sesuatu maka insya Allah sesuatu tersebut memiliki barokah.

Perlu diketahui bahwasanya yang memberi kesembuhan disini hanyalah semata-mata atas izin Allah SWT melaui perantara bacaa basmalah. Hal ini sama halnya seperti orang yang sakit ketika meminum obat lalu sembuhan, maka obat disini hanyalah sebagai perantara. Namun, Allah lah yang memberikan kesembuhan.


Berikut ini bisa kita simak keterangan aslinya yang terdapat dalam kitab I'anatu Al-Thaliibin Juz.1 Hal.9 
وَرُوِيَ أَنَّهَا لَمَّا نُزِلَتْ هَرَبَ الْغَيْمُ إِلَى الْمَشْرِقِ، وَسَكَنَتِ الرِّيَاحُ، وَهَاجَ الْبَحْرُ، وَأَصْغَتِ الْبَهَائِمُ بِآذَانِهَا، وَرُجِمَتِ الشَّيَاطِينُ، وَحَلَفَ اللَّهُ بِعِزَّتِهِ وَجَلَالِهِ أَنْ لَا يُسَمَّى اسْمُهُ عَلَى شَيْءٍ إِلَّا بَارَكَ فِيهِ
Artinya: Diriwayatkan bahwasannya ketika basmalah diturunkan, awan berpindah menuju arah timur, angin terasa tenang, laut berkilauan, hewan-hewan mendengarkan dengan seksama memakai telinganya, para setan dilempari batu, dan Allah bersumpah dengan kemuliaan-Nya serta keagungan-Nya untuk tidak disebutkan nama-Nya atas orang yang sedang menderita sakit terkecuali Allah akan menyembuhkannya, dan tidaklah nama-Nya disebut atas suatu hal terkecuali hal itu akan diberi keberkahan. 


Demikianlah penjelasan tentang benarkah basmalah dapat menyembuhkan orang sakit dan memberi barokah. Wallahu a'lam.