Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Ayat Makkiyah dan Madaniyah Serta Perbedaannya

NGAJISALAFY.com | Al-Qur'an (القرأن) jika ditinjau dari segi masa turunnya, maka ia dibagi menjadi 2 golongan: 1. ayat Makkiyah 2. ayat Madaniyah, seperti apa penjelasannya? silahkan simak uraian dibawah ini:

Pengertian ayat Makkiyah dan Madaniyah

1). Ayat Ayat Makkiyah
Yaitu ayat-ayat yang diturunkan di kota Makkah atau sebelum nabi Muhammad SAW hijrah ke kota Madinah.
2). Ayat Ayat Madaniyah
Yaitu adalah ayat-ayat yang diturunkan di kota Madinah atau sesudah nabi Muhammad SAW hijrah ke kota Madinah.

Perbedaan ayat Makkiyah dan Madaniyah

1). Ayat-ayat Makkiyah pada umumnya pendek-pendek sedangkan ayat-ayat Madaniyah panjang-panjang. Surat Madaniyah merupakan 11/30 dari isi al-Qur'an ayat-ayatnya berjumlah 1.456, sedangkan surat Makkiyah yang merupakan 19/30 dari isi al-Qur'an jumlah ayat-ayatnya 4.780 ayat. Juz 28 seluruhnya Madaniyah kecuali surat Mutmainnah, ayat-ayatnya berjumlah 137; sedangkan juz 29 ialah Makkiyah kecuali surat Ad-Dahr, ayat-ayatnya berjumlah 431. Adapun surat al-Anfal dari Asy-Syu'ara' masing-masing merupakan setengah juz tetapi yang pertama Madaniyah dengan bilangan ayat sebanyak 75 sedangkan yang kedua Makkiyah dengan ayat-ayatnya yang berjumlah 227.

2). Dalam surat-surat Madaniyah itu terdapat perkataan "Ya Ayyuhalladzina Aamanu" dan sedikit sekali terdapat perkataan "Ya Ayyuhannas". Sedangkan dalam surat-surat Makkiyah itu terdapat perkataan "Ya Ayyuhannas" dan sedikit sekali terdapat perkataan "Ya Ayyuhalladzina Aamanu".

3). Ayat-ayat Makkiyah pada umumnya mengandung hal-hal yang berhubungan dengan keimanan, ancama, pahala, kisah-kisah ummat terdahulu yang mengandung pengajaran dan budi pekerti. Sedangkan ayat Madaniyah mengandung hukum-hukum baik yang berhubungan dengan hukum adat atau hukum-hukum duniawi seperti hukum kemasyarakatan, hukum ketatanegaraan, hukum perang, hukum internasional, hukum antar agama dan lain lain sebagainya.

Demikinalah penjelasan tentang pengertian ayat Makkiyah dan Madaniyah serta perbedaanya. Wallahu 'A'lam.