Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sholat dan Dalil Kewajibannya

pengatar shalat dan dalil al-quran dan hadisnya

NGAJISALAFY.com | Sholat diwajibkan setelah dilaksanakan isro' mi'raj setahun sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah. Perintah ini diterimah langsung oleh Rasulullah dari Allah saat peristiwa isro' mi'raj. Oleh karenah itu, dalam syariat kedudukan sholat sangat penting sekali, yakni sebagai tiangnya agama Islam. Hal ini sebagaimana sabdah Rasulullah Saw berbunyi:

اَلصَّلاَةُ عِمَادُ الدِّيْنَ فَمَنْ اَقَامَهَا فَقَدْ اَقَامَ الدِّيْنَ وَمَنْ هَدَمَهَا فَقَدْ هَدَمَ الدِّيْنَ
Artinya: "Sholat adalah tiang agama, barang siapa yang melaksakan sholat, berarti ia telah menegakkan agama. Namun barang siapa yang meninggalkanya, berarti ia telah meruntuhkan agama." 

Pengertian Sholat

Sholat menurut lughot (bahasa) adalah do'a. Sedangkan menurut istilah syara' sholat adalah ibadah kepada Allah dalam bentuk perkataan dan perbuatan yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam.


Sholat mempuyai kedudukan yang sangat penting dalam syari'at Islam, hingga kesempurnaan amal seseorang, baik buruknya perbuatan manusia dilihat dari sempurna atau tidaknya pelaksanaan sholatnya. Bahkan sholat adalah untuk membedakan antara orang yang beriman dan orang yang kafir, sehingga siapa yang tidak melaksanakan sholat atau dia mengingkari atas kewajiban berarti ia dihukumi sebagai kafir.

Dalil Kewajiban Sholat

Sholat adalah kewajiban utama bagi setiap orang Islam yang telah memenuhi syarat-syaratnya. Hukumnya fardu 'ain selama ia masih dapat menghembus nafas dan kawajiban sholat tidak dapat diwakili. Dalam keadaan bagaimanapun, kapanpun dan dimanapun, sholat harus dikerjakan, maka dalam Islam terdapat syariat (ajaran) tentang bagaimana sholatnya orang sakit, orang dalam perjalanan dan lain sebagainya.

Berikut ini dalil-dali diwajibkannya untuk melaksanakan sholat ialah sebagai berikut:
 
  • Dalil Al-Qur'an

وَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَ وَارْكَعُوْا مَعَ الرّٰكِعِيْنَ
Artinya: "Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk." (QS. al-Baqarah:43)


وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ...

Artinya: "Kerjakanlah sholat, sesungguhnya sholat itu dapat mencegah perbuatan yang keji dan mungkar". (QS. al-Ankabut:45)

  • Dalil Al-Hadist

عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بِنْ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : (بُنِيَ اَلْإِسْلاَمُ عَلىَ خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ، وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ، وَحِجِّ الْبَيْتِ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ ) رواه البخاري ومسلم 
Artinya: "Dari Abu Abdirrahman Abdullah bin Umar bin Khottob, semoga Allah meridhoi mereka berdua, ia berkata: Aku perna mendengar Rasulullah Saw. bersabda "Islam didirikan atas 5 dasar yaitu: memberi kesaksian bahwa tiada tuhan selain Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, melaksanakan ibada haji ke Baitullah dan berpuasa di bulan ramadhon." (HR. Imam Bukhori dan Muslim )

Demikianlah uraian ringkas tentang pengertian sholat dan dalil kewajibannya. Wallahu a'lam.