Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naskah Teks MC atau Pembawa Acara Peringatan Isro' Mi'raj

Menjadi MC Acara Isro' Mi'raj Nabi Muhammad

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، حَمْدًا وَتَحْمِیْدًا وَشُكْرًا عَلىَ مَا أَكْمَلْتَ لَنَا مِنْ دِيْنِ الْإِسْلاَمِ، وَنُصَلىِّ وَنُسَلِّمُ عَلىَ نَبِيِّ الْهُدَى وَالرَّحْمَةِ الْمَبْعُوْثِ بِالْكِتَابِ ځَاتِمِ النَّبِيِّيْنَ وَإِمَامِ الْمُرْشِدِيْنَ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَأَتْبَاعِهِ أَجْمَعِيْنَ، أَمَّا بَعْدُ : ن
  • حَضْرَةِ الْمُخْتَرَمِيْنَ para alim ulama, para kiai, para sesepuh, yang selalu kami ta'ati. وَنُخُصَّ خُصُوْصًا kepada kiai KH. Alimuddin dari Malang yang kami harapkan fatwah dan ziadah ilmunya.
  • Kepada bapak kepala desa Parit Banjar dan semua perangkatnya yang kami hormati.
  • Kepada seluruh tamu undangan, hadirin wal hadirot yang dimulyakan Allah.
Pertama-tama marilah kita panjatkat puja dan puji syukur kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan ribuan taufiq, hidayah dan 'inayahnya kepada kita semua, sehingga kita dapat bermuwajahah disini majlis yang isya Allah penuh barokah guna memperingati Isro' Mi'roj nabi Muhammad SAW dalam keadaan sehat wal 'afiat tiada kurang suatu apapun.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada sang revolusioner sejati, pembawa bendera Islam, beliaulah al-Amiin Muhammad SAW. Semoga kita semua termasuk umat yang mendapatkan syafa'at udzma nanti kelak di yaumal kiamat, amiin.

Hadirin wal hadirot yang dimulyakan Allah...

Disini, kami bertugas sebagai pembawa acara akan membacakan susunan acara Isro' Mi'roj nabi Muhammad SAW pada malam hari ini:
  • Acara yang pertama pembukaan. 
  • Dirangkai pembacaan ayat suci al-Qur'an.
  • Sambutan-sambutan menempati acara yang ketiga.
  • Acara yang keempat Mau'idhotul Hasanah. 
  • Acara demi acara akan ditutup dengan do'a.
Demikian tadi susunan acara Isro' Mi'roj pada malam hari ini. Marilah acara pada malam hari ini kita buka dengan اُمُّ الْقُرْآنِ dan semoga dengan dibacakannya اُمُّ الْقُرْآنِ nanti acara pada malam hari ini dapat berjalan dengan lancar tanpa halangan dan mendapat ridho dan barokah dari Allah SWT sang penguasa alam:
     عَلىَ هَذِهِ النِّيَّهِ الْصَالِحَةِ، لَهُمُ الْفَاتِحَةِ 

Terima kasih kami sampaikan...

Acara selanjutnya yakni pembacaan ayat suci al-Qur'an yang akan di lantunkan oleh saudara kami Ust. Muhammad Yasin kepada beliau waktu dan tempatnya dipersilahkan.

 صَدَقَ اللهُ الْعَظِيْمُ , وَصَدَقَ رَسُوْلُهُ الْكَرِيْمُ. وَنَحْنُ اِنْ شَاءَ اللهُ عَلىَ ذَلِكَ مِنَ الشَّاهِدِيْنَ
Semoga dengan dilantunkanya ayat suci al-Qur'an tadi semakin membuat kita تَقَرُّبًا اِلىَ اللهِ.

Hadirin yang dimulyakan Allah...          

Acara yang ketiga sambutan-sambutan.
Sambutan yang pertama atas nama panitia Isro' Mi'roj yang akan dihaturkan oleh bapak Musleh kepada beliau waktu dan tempatnya dipersilahkan.

Sambutan yang kedua yakni ta'mir masjid al-Rohman kepada bapak Sudirman waktu dan tempatnya dipersilahkan.

Hadirin yang dimulyakan Allah...

Sampailah kita pada acara inti yakni Mau'idhoh Hasanah, dalam hal ini akan dihaturkan oleh al-Mukarrom KH. Alimuddin dari Malang, kepada beliau waktu dan tempatnya kami haturkan.

Terima kasih kami haturkan, semoga uraian Mau'idhoh tadi, kita dapat mengambil hikmahnya guna meningkatkan iman, taqwa dan ibadah kita pada Allah SWT, amiin.

اَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهِ
Kini tibalah pada pungkas acara, yang akan diisi dengan do'a sebagai penutup acara pada malam hari ini, yang akan dihaturkan oleh KH. Abdurrohman Asyibli.

Namun, sebelum do'a dihaturkan, disini kami sebagai muqossimul auqot pastilah terdapat kekhilafan baik dari segi Qauliyah atau Fi'liyah, maka dari itu, kami pribadi mohon ketulusan hati para hadirin untuk memaafkan.

آَخِرُ قَوْلِي، وَالْعَفْوُ مِنْكُمْ
وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Kepada KH. Abdurrohman Asyibli, waktu dan tempat dihaturkan.
 
Demikianlah naskah teks MC atau pembawa acara peringatan Isro' Mi'raj nabi Muhammad SAW. Setelah anda mengetahui informasi di atas, semoga anda bisa menjadi MC yang dapat menuntun roda acara dengan baik dan benar serta sesuai yang dengan apa diharapkan bersama. Wallahu a'lam.