Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Makhorijul Huruf dan Pembagiannya

Makhorijul huruf (مخارج الحروف)
NGAJISALAFY.com | Makhorijul huruf (مخارج الحروف) artinya tempat atau letak dari mana huruf-huruf itu dikeluarkan. Keluarnya huruf secara umum ada 5, yaitu:
  1. Jauf (الجوف), artinya rongga tenggorokan dan rongga mulut.
  2. Halq (الحلق), artinya tenggorokan.
  3. Lisan (اللسان), artinya lidah.
  4. Syafatain (الشفتان), artinya dua bibir.
  5. Khoisum (الخيشوم), artinya rongga hidung.
Secara rinci makhorijul huruf ada 17, yaitu:
1). Rongga mulut (الجوف) adalah tempat keluar huruf mad, yaitu: ا، و، ي.
2). Pangkal tenggorokan (أَقْصَى الحلق) adalah tempat keluarnya huruf hamzah (ء) dan ha’ ().
3). Tengah tenggorokan (وَسَطُ الحلق) adalah tempat keluarnya huruf haa’ (ح) dan ‘ain (ع).
4). Ujung tenggorokan (أَدْنَى الحَلْق) adalah tempat keluarnya huruf kho’ (خ) dan ghoin (غ).
5). Pangkal lidah dengan langit-langit yang lurus di atasnya (لَهَوِيَّة و مَا فَوْقَهُ مِنَ الحَنَكِ الأَعْلى) adalah tempat keluarnya huruf qof (ق).
6). Pangkal lidah dengan langit-langit yang lurus di atasnya (agak keluar sedikit dari makhroj qof) (لَهَوِيَّة تَحْتَ مَخْرَجِ القَا فِ قَلِيْلًا مَعَ الحَنَكِ الأَعْلى) adalah tempat keluarnya huruf kaf (ك).
7). Tengah-tengah lidah dengan langit-langit di atasnya (شَجَرِيَّة مَعَ الحَنَكِ الأَعْلى) adalah tempat keluarnya huruf jim (ج) syin (ش) dan ya’(ي).
8). Salah satu tepi lidah dengan geraham sebelah atas (جَنْبِيَّة مَعَ إِحْدَى الأَ ضْرَاس) adalah tempat keluarnya huruf dlod (ض).
9). Ujung lidah (setelah makhroj dlod) dengan gusi yang atas (ذَلْقِيَّة مَعَ الحَنَكِ الأَعْلى إلى أخرها) adalah tempat keluarnya huruf lam (ل).
10). Ujung lidah dengan gusi atas (agak keluar sedikit dari makhroj lam) (ذَلْقِيَّة تَحْتَ مَخْرَجِ اللَام قَلِيْلًا)
adalah tempat keluarnya huruf nun (ن).
11). Ujung lidah agak kedalam sedikit dengan gusi atas (agak kedalam sedikit dari makhroj nun) (ذَلْقِيَّة تَحْتَ مَخْرَجِ النُوْنِ قَلِيْلًا) adalah tempat keluarnya huruf ra’ (ر).
12). Ujung lidah dengan pangkal dua gigi sebelah atas (ذَلْقِيَة مَعَ النَّطْعِيَّة) adalah tempat keluarnya huruf ta’ (ت) dal (د) dan tho’ (ط). 
13). Ujung lidah dan rongga ujung gigi sebelah atas(agak kebawah sedikit)
(أَسَلِيَّة وَمِنْ بَيْنِ الثَّنَايَا العُلْيَا والسُّفْلى) adalah tempat keluarnya huruf za’ (ز) Sin (س) dan shod (ص). 
14). Ujung lidah dan ujung gigi yang atas (أسلية ومن أطراف الثنايا العليا) adalah tempat keluarnya huruf tsa’ (ث) dzal (ذ) dan dlod (ض).
15. Bagian tengah dari bibir bawah dengan ujung dua buah gigi depan yang sebelah atas (بَاطِنُ الشَّفَةِ السُّفْلى مَعَ أَطْرَافِ الثَّنَايَا العُلْيَا) adalah tempat keluarnya huruf fa’ (ف).
16). Dua bibir (شَفَتَيْنِ) adalah tempat keluarnya huruf wawu (و), mim (م) dan ba’ (ب). Jika wau (و) maka bibir direnggangkan, sedangkan mim dan ba’ (م dan ب) bibir dirapatkan.
17). Pangkal hidung (الخَيْشُوْم) adalah tempat keluarnya huruf-huruf ghunnah (dengung) yaitu nun tasydid dan mim tasydid (نّ ,مّ).

Demikianlah penjelasan tentang pengertian makhorijul huruf (مخارج الحروف) dan pembagiannya. Wallahu a'lam.