Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sholat Dhuha, Jumlah Raka'at, Niat, Doa dan Keutamaannya

Kupas Tuntas Seputar Sholat Dhuha
NGAJISALAFY.com | Sholat dhuha (صلاة الضحى) adalah sholat sunah yang dilakukan pada waktu matahari sedang naik. Waktu sholat dhuha kira-kira matahari sedang naik setinggi + 7 hasta (pukul tujuh sampai masuk waktu dzuhur). Adapun bilangan raka'at sholat dhuha paling sedikit 2 raka'at, boleh 4 raka'at, 6 raka'at atau 8 raka'at.


Adapaun anjuran surat yang dibaca pada raka'at pertama sholat dhuha adalah surat Asy-Syams (وَالشَّمۡسِ وَضُحٰٮهَا). Sedangkan pada raka'at kedua adalah surat Ad-Duha (وَالضُّحٰىۙ). Namun, sebelum kita memulai sholat dhuha terlebih dahulu membaca niatnya sebagaimana berikut:

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً لِلهِ تَعَالَى 
"Saya niat sholat dhuha dua raka'at, menghadap kiblat karena Allah ta'ala."

Kemudia setelah melakukan sholat tersebut kita membaca do'a sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ
اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ 
Artinya: "Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha itu waktu dhuha-Mu, kecantikan adalah kecantikan-Mu, keindahan itu adalah keindahan-Mu, kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, kekuasaan itu adalah kekuasaan-Mu, dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu". "Ya Allah, jika rizkiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi keluarkanlah, jika sukar dimudahkanlah, jika haram disucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan, dan kekuatan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh". 

Sholat dhuha memiliki keutamaan layaknya seperti sholat-sholat sunah yang lain. Diantara keutamaannya ialah sebagaimana sabdah nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a. berbunyi:
قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ حَافَظَ عَلىَ شُفْعَةِ الضُّحَى، غُفِرَ لَهُ ذُنُوْبُهُ، وَإِنْ كَانَ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ.(رواه الترمذي)
Artinya: "Barang siapa yang membiasakan (menjaga) shalat dhuha, maka dosanya akan diampuni oleh Allah SWT meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR At-Tirmidzi)

Demikianlah pengertian sholat dhuha, jumlah rakaat, niat, doa dan keutamaanya. Oleh karena itu, setelah kita mengetahui informasi di atas, semoga kita bisa mengerjakan sholat dhuha dengan baik dan sesuai dengan ajaran sunnah. Wallahu a'lam.