Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sholat Hajat: Pengertian, Jumlah Raka'at, Waktu, Niat dan Doanya

NGAJISALAFY.com | Apabila kita mempunyai hajat atau keinginan yang baik, agar oleh Allah SWT dikabulkan, maka disunahkan melaksanakan shalat hajat dua raka'at. Namun, seperti apakah tuntunan sholat sunah hajat dalam syari'at Islam? Yuk! kita simak penjelasannya dibawah ini:
Sholat Hajat
Sholat hajat (صَلاَةُ الْحَاجَةِ) adalah sholat sunah yang dikerjakan karena memiliki hajat agar diperkenankan hajatnya oleh Allah SWT. Untuk caranya sama seperti shalat istikhoroh hanya beda niat. Sholat hajat dikerjakan paling sedikit dua raka'at sampai 12 raka'at dengan tiap dua raka'at satu salam.

Waktunya boleh dilakukan pada malam hari atau siang hari, tetapi yang paling utama pada sepertiga malam (setengah tiga) sebagaimaa dijelaskan disini. Sedangkan surat yang dibaca lebih baik untuk raka'at pertama ayat kursi atau surat sabbihis, dan untuk raka'at kedua surat al-ikhlas.  

Niat Sholat Hajat

اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَالىَ
"Saya niat shalat sunah hajat dua raka'at, karena Allah ta'ala."

Doa Sholat Hajat

Terdapat keterangan dalam kitab Tajul Jamil Lil Usul, apabila anda telah usai melaksanakan sholat hajat lalu duduklah dengan khusyu' dan membaca istighfar sebanyak 100 kali:
اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ
"Saya memohon ampun kepada Allah yang maha Agung."

Atau membaca bacaan istighfar yang lebih lengkap:
اَسْتَغْفِرُ اللهَ رَبِّي مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ
"Saya memohon ampunan kepada Allah Tuhan-ku, dari dosa-dosa dan saya bertaubat kepada-Mu." 

Kemudian setelah membaca istighfar lalu membaca sholawat kepada nabi Muhammad SAW sebanyak 100 kali:
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً الرِّضَا وَارْضَ عَنْ أَصْحَابِهِ الرِّضَا الرِّضَا
"Ya Allah, beri karunia kesejahtraan atas junjungan kami Muhammad, kesejahtraan yang di ridhoi dan diridhoi daripada sahabat-sahabat sekalian."

Setelah itu barulah membaca doa sebagai berikut:
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الحَلِيمُ الكَرِيْمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ العَلِيُّ العَظِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْمِ والحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ أَسْئَلُكَ مُوجِباتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمِ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلامَةَ مِنْ كُلِّ إثْمٍ الَّلهُمَّ لا تَدَعْ لي ذَنْبَاً إلّا غَفَرْتَهُ  وَلا هَمَّاً إلّا فَرّجْتَهُ ولا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضاً إلّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
“Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha penyantun dan Pemurah. Mahasuci Allah, Tuhan Pemelihara arsy Yang Agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam. Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang menyebabkan rahmat-Mu, dan memantapkan hati untuk memperoleh ampunan-Mu, serta memperoleh penjagaan dari segala dosa. Dan aku memohon pula untuk memperoleh keuntungan dari segala kebaikan dan selamat dari segala dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa (yang ada pada diriku) melainkan Engkau mengampuninya dan tiada sesuatu kesusahan melainkan Engkau berikan jalan keluar, dan tiada sesuatu hajat yang Engkau ridhai melainkan Engkau kabulkan, Wahai Tuhan Yang Maha pengasih dan Maha penyayang.”

Kemudian setelah membaca doa itu semua, maka memohonlah dengan apa yang kita maksud sambil bersujud kepada Allah SWT serta perbanyaklah membaca bacaan: 
لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ  
“Tidak ada Tuhan melainkan Engkau ya Allah, Mahasuci Engkau, sungguh saya termasuk orang yang zalim.”   

Demikialanlah penjelasan lengkap seputar sholat hajar. Semoga dengan kita melakukan sholat ini, segala hajat-hajat kita dapat dikabulkan oleh Allah, amin. Wallahu a'lam