Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Tentang Lafadz Qattun (قَطٌّ)

Lafadz Qattun (قَطٌّ)
NGAJISALAFY.com | Lafadz qattun (قَطٌّ) dengan mengunakan huruf tho’ yang ditasydid dan dibaca dhommah serta membaca fathah pada huruf qafnya. Menurut lughot yang fashih lafadz qattun (قَطٌّ) adalah lafadz yang berupa dzorof zaman madhi (waktu lampau) dan harus masuk pada fi’il madhi yang terletak setelah nafi dan dimabnikan dhommah. Adapun lafadz qattun (قَطٌّ) umumnya diberi makna sama sekali.  
Contoh:
مَا فَعَلْتُهُ قَطٌّ
"Aku tidak pernah melakukannya sama sekali".

Perbedaan Pendapat Mengenai Lafadz قَطٌّ

Adapun lafadz قَطٌّ itu menetapi 2 wajah yakni:
1). Lafadz qattun (قَطٌّ) termasuk kalimat isim dengan menggunakan maknanya lafadz حَسْبُ yakni bermakna cukup dan harus diberi fa’ maka menjadi فَقَطُّ. Menurut Ibnu Hisyam huruf fa’ tersebut adalah huruf fa’ zaidah lazimah sebagaimana halnya huruf fa’ yang terdapat pada lafadz فَحَسْبُ. Sedangkan menurut Jumhur ulama’ fa’ tersebut disebut dengan fa’ rabithoh (penyambung) dari jawab yang dikira-kirakan dan lafadz فَقَطْ dimabnikan dhommah. 
Contoh:
أَخَذْتُ دِرْهَمًا فَقَطْ
"Aku cukup mengambil satu dirham saja"

2). Lafadz qattun (قَطٌّ) termasuk kalimat isim fi’il yang menggunakan maknanya lafadz يَكْفِي yakni bermakna cukup. Seperti lafadz قَطْنِيْ dengan memabnikan dhommah dan mengandung fa’il.

Demikianlah penjelasan tentang lafadz qattun (قَطٌّ). Wallahu a'lam.