Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Rahasia Sukses Ulama' dalam Mencari Ilmu

NGAJISALAFY.com - Mengenai tentang rahasia sukses ulama' dalam mencari ilmu, ini terdapat suatu pertanyaan yang disampaikan kepada beberapa ulama' besar lintas generasi yang berbunyi: "Apa rahasia Anda bisa menjadi orang yang berilmu? Maka para ulama', memberikan dengan berbagai macam jawaban sebagaimana berikut:
Ilustrasi 6 rahasia sukses ulama' dalam mencari ilmu
6 Rahasia Sukses Ulama' dalam Mencari Ilmu

1). Imam Abu Yusuf menjawab: "Aku tidak malu belajar kepada siapapun dan aku tidak pelit untuk berbagi ilmu kepada siapapun yang meminta."
2). Ibnu Abbas menjawab: "Dengan banyak bertanya dan banyak berfikir."
3). Seorang Ulama' menjawab: "Berkat ayahku yang kaya. Beliau berbuat kebaikan dengan hartanya kepada ulama' dan orang shalih. Inilah yang menjadi sebab bertambahnya ilmu-Ku. Karena shodaqoh itu adalah wujud rasa syukur atas akal dan ilmu. Dan dengan bersyukur, nikmat semakin bertambah."
4). Imam Abu Hanifah menjawab: "Aku mendapatkan ilmu sebab memuji Allah dan bersyukur. Setiap aku berhasil memahami sebuah ilmu fiqih atau hikmah, aku mengucapkan hamdalah. Sehingga bertambahlah ilmuku."
5). Imam Halwani menjawab: "Aku mendapat semua ilmu ini dengan menghormati ilmu. Aku tidak pernah memegang kitab kecuali dalam keadaan suci dari hadast (senantiasa punya wudhu')."
6). Imam Fakruddin Al-Arsabani menjawab: "Aku mendapatkan derajat keilmuan ini, karena menghormati guru dan melayani guru-Ku yakni Syaikh Abu Yazid Ad-Dabusi. Dan aku tidak pernah makan sedikitpun dari makanan yang telah aku masak untuknya."

Demikianlah 6 rahasia sukses ulama' dalam mencari ilmu. Apa yang disampaikan beliau merupakan beberapa faktor yang menyebabkan beliau bisa mendapatkan ilmu yang barokah dan pastinya dibarengi dengan usaha kerasa dalam belajar.