Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Al-Quran Adalah Mukjizat? Ini Dia! Buktinya

2 Tanda Al-Quran Adalah Mukjizat
NGAJISALAFY.com - Mu'jizat (مُعْجِزَةٌ) adalah sesuatu yang luar biasa yang diberikan kepada Nabi atau Rasul untuk menghadapi musuh-musuhnya dalam berdakwah. Adapun mu'jizat yang paling besar adalah al-Qur'an al-Karim. Hal ini terbukti bahwa nabi Muhammad saw pernah menantang orang-orang Arab jahiliyah untuk membuat satu surat saja dan mereka tidak mampu, padahal pada masa itu banyak sekali ahli-ahli Balaghah dikalangan orang Arab jahiliyah. Allah SWT berfirman:
وَاِنْ كُنْتُمْ فِيْ رَيْبٍ مِّمَّا نَزَّلْنَا عَلٰى عَبْدِنَا فَأْتُوْا بِسُوْرَةٍ مِّنْ مِّثْلِهٖ ۖ وَادْعُوْا شُهَدَاۤءَكُمْ مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ (٢٣)
Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang al-Qur'an yang kami wahyukan kepada hamba kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisalnya al-Qur'an itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. (QS. al-Baqarah : 23)

Inilah 2 Petunjuk Bahwa Al-Qur'an Adalah Mukjizat

Tidak dapat diragukan lagi bahwa terdapat 2 dalil atau petunjuk yang menetapkan bahwa al-Qur'an merupakan mu'jizat yang diberikan oleh Allah SWT kepada nabi Muhammad saw, yaitu:
  1. Kandungan al-Qur'an menegaskan ajaran Tauhid (men-gesakan Allah SWT) dan petunjuk-petunjuk (dalil-dalil) atas perkara ghaib dan lain sebagainya, yang mana hal ini tidak mungkin dibuat oleh manusia.
  2. Keeolokan rangkaian bahasa dan cakupan kandungannya yang memuat berbagai macam persoalan hidup dan kehidupan manusia, ini menjadi bukti yang jelas yang tidak dapat diragukan maupun dibantah. Bahkan dalam hal ini Allah SWT telah mengemukakan dalam firmannya berbunyi:
قُلْ لَّىِٕنِ اجْتَمَعَتِ الْاِنْسُ وَالْجِنُّ عَلٰٓى اَنْ يَّأْتُوْا بِمِثْلِ هٰذَا الْقُرْاٰنِ لَا يَأْتُوْنَ بِمِثْلِهٖ وَلَوْ كَانَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ ظَهِيْرًا (۸۸)
Katakanlah: "Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa al-Qur'an ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan Dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain."

Demikianlah penjelasan tentang benarkah al-Qur'an adalah mu'jizat?, semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.