Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Gelar As-Shiddiq

Alasan Gelar As-Shiddiq Pada Sayyidina Abu Bakar r.a

NGAJISALAFY.com - As-Shiddiq (الصِّدِّيْقُ) adalah gelar (laqab) bagi Sayyidina Abu Bakar radhiyallaahu 'anhu. Nama lengkap dari beliau adalah Abdullah bin Utsman bin Amir bin 'Amru bin Ka'ab bin Sa'ad bin Taim bin Murrah bin Ka'ab bin Lu'ai bin Ghalib bin Fihr al-Qurasy at-Taimi radhiyallahu 'anhu. Nasabnya beliau bertemu dengan nabi Muhammad pada kakeknya, Murrah bin Ka'ab bin Lu'ai. Diantara ucapannya ialah:
أَكْيَسُ الْكَيْسِ التُّقَوى، وَأَحْمَقُ الْحَمْقِ الفُجُوْرُ، وَأَصْدَقُ الصِِّدْقِ الْأَمَانَةُ، وَأَكْذَبُ الْكَذِبِ الْخِيَانَةُ
"Buah kecerdasan yang paling baik adalah ketaqwaan, buah kebodohan yang paling buruk adalah kedurhakaan, kebenaran yang paling benar adalah amanah (kepercayaan) dan dusta yang paling parah adalah penghianatan"

Kemudian Abu Bakar r.a. bertindak dengan ujung lisannya seraya mengatakan:
مَنْ خَافَ اللهَ لَمْ يَشْفِ غَيْظُهُ، وَمَنْ اتَّقى اللهَ لَمْ يُطِعْ مَا يُرِيْدُ
"Barang siapa yang takut kepada Allah, kemarahannya pada nafsu tidak akan sembuh (dia akan selalu melawan hawa nafsu), dan barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya tidak akan berbuat sekehendak hatinya."

Kesimpulan: Gelar As-Shiddiq (الصِّدِّيْقُ) merupakan gelar (laqab) bagi Sayyidina Abu Bakar radhiyallaahu 'anhu. Dengan alasan bahwa beliau adalah orang yang dapat dipercaya (amanah).

Nah, itulah sekilas tentang mengenal gelar As-Shiddiq (الصِّدِّيْقُ), semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.