Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Faidah Ta' Marbuthoh Pada Lafadz Malaikat

NGAJISALAFY.com - Dalam Bahasa Arab setiap huruf memiliki faidah tertentu seperti huruf jer, huruf taukid dan lain sebagainya. Begitu pula dengan huruf ta' marbuthoh pada lafadz malaikat (ملائكة). Pada umumnya huruf ta' dalam bahasa Arab itu menunjukkan arti mu'annas (perempuan) namun tidak pada lafadz malaikat (ملائكة). Lantas seperti apa penjelasannya. Yuk! kita simak uraian dibawah ini:

PERTANYAAN:
Kita tahu bahwa huruf Ta' merupakan salah satu tanda mua'annas (perempuan). Lantas, kenapa lafadz malaikat (ملائكة) menggunakan ta marbutoh. Apakah malaikat (ملائكة) itu perempuan?


JAWABAN:
Taa’ yang terdapat pada lafadz malaaikat (ملائكة) berfungsi/berfaidah taukid (menguatkan) arti jama'nya (arti banyak) bukan arti ta’nits (perempuan).

التاء : هي تجيء لمعان كلها راجع إلى التأنيث وتاء الجمع…وتكون لتمييز الواحد من الجنس نحو : (التمرة) ؛ومن الجمع نحو :  (التخمة) ولتأكيد الصفة والمبالغة نحو : (علامة) ولتأكيد الجمع نحو (ملائكة) :

Penjelasanya:

At-Taa’ dalam sebuah kata memiliki beberapa arti yang kesemuanya menunjukkan arti ta’nits (perempuan) atau arti jama’. Taa’ juga berfungsi untuk membedakan arti tunggal dan jinis seperti dalam contoh kata at-Tamrah (التمرة) dari kata tunggal dengan jamaknya seperti dalam contoh at-Tukhmah (التخمة). Dan juga berfungsi untuk mentaukidi (menguatkan) dan memubalaghahkan (memberi arti sangat melebihkan) seperti dalam contoh kata ‘allaamat (علامة), memberikan arti taukid lil jam'i (arti banyak) seperti dalam kata malaaikat ( ملائكة).

Sumber: Kitaab al-Kulliyyaat Juz 1/254