Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kalimat Hauqalah dan 5 Keutamaannya

NGAJISALAFY.com - Ketika melihat pemandangan yang indah, apa yang akan Anda katakan?  Pastinya sebagai seorang mukmin yang beriman kita akan memuji Allah Swt atas ciptaannya bukan memuji ciptaanya. Kita memuji dengan melafalkan kalimat-kalimat tayibah yakni dengan melafalkan kalimat tersebut kita telah mengakui akan kebesaran Allah Swt yang tiada tandingannya.

Makna Lafadz Laa Haula Wala Quwata Illa Billah

Pengertian Kalimat Tayibah

Kalimat tayibah secara bahasa adalah perkataan yang baik. Dalam Islam, kalimat tayibah adalah setiap ucapan yang mengandung kebenaran dan kebajikan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Selain itu, mengandung perbuatan ma’ruf dan pencegahan dari perbuatan mungkar.

Tujuan Mengucapkan Kalimat Tayibah

Adapun tujuan mengucapkan kalimat tayibah adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. Kalimat kalimat tayibah berkaitan dengan dzikir kepada Allah Swt. Orang yang selalu berdzikir kepada Allah berarti ia selalu ingat kepadanya, orang yang selalu ingat kepada Allah bererti imannya semakin kuat, orang yang selalu ingat kepada Allah ia akan memperoleh keutamaan yang banyak. 

Kalimat Tayibah

Kalimat tayibah merupakan kata-kata yang membawa kepada pujian, tauhid, dan penghambaan diri kepada Allah Swt, seruan kepada kebajikan dan amal sholeh serta mencegah dari kemungkaran.

Ada banyak kalimat tayibah yang bisa kita ucapkan. Salah satunya kalimat hauqalah (حوقلة). Bagaimana bunyi kalimat hauqalah? Berikut ini lafadz hauqalah:
لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ 
Artinya: "Tiada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung."

Kalimat hauqalah (حوقلة) memiliki dua kata yang ditekanan, yaitu haula (حَوْلَ) dan quwwata (قُوَّةَ). Kedua kata tersebut hampir memiliki kesamaan makna. Kata haula memiliki arti daya atau kekuatan yang dikeluarkan terus-menerus atau kekuatan yang menopang alam semesta, sedangkan quwwata adalah kekuatan yang menjadi hak khusus Allah Swt. Pada kalimat tayibah hauqalah juga terdapat dua al-Asma'u al-Husna yaitu العَلِيِّ artinya yang Maha Tinggi dan العَظِيْمِ artinya yang Maha Agung.

Kalimat hauqalah (حوقلة) memiliki makna tidak ada daya dalam menjauhi kemungkaran kepada Allah Swt. dan tidak ada kekuatan dalam menjalankan ibadah kepada Allah Swt. kecuali keduanya atas pertolongan dan kehendak Allah Swt. Allah Swt. sumber kekuatan dari segala sesuatu. 

Kalimat hauqalah juga dapat digunakan untuk berserah diri dan menyatakan bahwa tidak ada yang bisa menolak kehendak Allah Swt. Allah Swt satu-satunya pemiliki kekuatan. Kalimat hauqalah menuntut agar dalam melakukan usaha selalu memohon pertolongan kepada Allah Swt. dan bertawakal pada-Nya. 

Kalimat hauqalah dipergunakan untuk memohon pertolongan kepada Allah Swt. Kalimat tayibah hauqalah juga dimaksudkan agar dalam mengerjakan sesuatu mendapatkan pertolongan, perlindungan dan petunjuk dari Allah Swt. serta dijauhkan dari setan. Seperti ketika kamu hendak keluar rumah hendaknya membaca doa berikut.
بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلىَ اللهِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ
Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya upaya dan kekuatan
melainkan dengan pertolongan Allah."

Waktu Waktu Membaca Kalimat Hauqalah

Membaca kalimat hauqalah hendaknya dibiasakan dalam segala hal. Meskipun demikian, ada beberapa waktu yang dianjurkan dalam mengucapkan kalimat tayibah hauqalah. Waktu-waktu yang dimaksud antara lain sebagai berikut.
  1. Menghadapi kesulitan atau kesusahan.
  2. Menghadapi musibah atau ujian.
  3. Mendengar suara azan.
  4. Sakit dan terbaring tidak berdaya.
  5. Selesai mengerjakan salat.

Keutamaan Mengucapkan Kalimat Hauqalah

Mengucap kalimat hauqalah harus dibiasakan dalam kehidupan. Memperbanyak mengucap kalimat hauqalah mendatagkan keutamaan sebagai berikut:

1. Merupakan Salah Satu Tabungan atau Simpanan di surga
Membaca, melafalkan, atau mengucapkan kalimat tayibah akan memiliki simpanan harta di surga. Hal ini dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad saw. yang artinya "Ucapkanlah Lã Haula wala quwwata illa billah. Sesungguhnya itu adalah salah satu kekayaan yang tersimpan di surga." (H.R. Muslim)

2. Merupakan Salah Satu Pintu Surga
Membaca dan menghayati kalimat hauqalah mengantarkan menuju pintu surga. Nabi Muhammad saw. berkata kepada Abu Musa r.a. "Maukah engkau aku tunjukkan salah satu dari pintu surga? Aku berkata, 'tentu'. Beliau bersabda, 'La Haulā wala quwwata illa billäh'." (H.R. Tirmizi dan Ahmad)

3. Amalan yang Dianjurkan untuk Sering Dibaca
Kalimat tayibah hauqalah adalah kalimat tayibah yang dianjurkan untuk sering dibaca. Diutamakan bagi orang yang sakit, karena dengan membaca kalimat hauqalah akan diberikan kemudahan dan kesembuhan oleh Allah Swt.

4. Dapat Menghapuskan Dosa
Nabi Muhammad saw. bersabda yang artinya: "Tidaklah seorang di atas muka bumi ini yang berucap la ilaha illallah, Allahu akbar, subhanallah, alHamdulillah, dan Lã haulā wa lā quwwata illa billah' melainkan dosa-dosanya akan diampuni meskipun melebihi banyaknya buih di lautan." (H.R Ahmad dan Tabrani)

5. Memberikan Kekuatan dalam Diri Seseorang
Orang yang membaca kalimat tayibah hauqalah akan menumbuhkan harapan datangnya pertolongan Allah Swt. Jika kita menghadapi suatu masalah atau sesuatu yang sulit dengan mengucapkan kalimat hauqalah, akan datang pertolongan dari Allah Swt. sehingga kita mampu menyelesaikannya.