Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kitab Nashoihul Ibad dan Terjemahannya Lengkap PDF


Kitab Nashaihul `Ibad secara harfiah artinya Kumpulan Nasihat bagi Para Hamba. Kitab ini ditulis oleh seorang Ulama nusantara yang sangat dikenal oleh masyarakat, yakni Syekh Nawawi Al-Bantani, yang merupakan Ulama asal Banten. Kitab ini masyhur dikalangan pelajar terutama di nusantara yang mempelajari isi dari kitab ini dan tertuang dalam kurikulum di pesantren-pesantren.

Tidak memperpanjang mukaddimah, jadi pada kesempatan ini kami akan membagikan sebuah file dari Kitab Nashaihul `Ibad yang berjenis PDF, sehingga nantinya dapat anda download dan mempelajarinya lewat perangkat elektronik. 

Tentang Kitab Nashoihul Ibad

Kitab Nashaihul `Ibad secara harfiah artinya Kumpulan Nasihat bagi Para Hamba. Ditulis oleh ulama besar asal Bantten, kitab ini merupakan penjelasan (syarah) dari kitab al-Munabbihat ‘al Isti’dad Li Yaumil Ma’ad karya Ibnu Hajar al-Asqalani, seorang ahli hadis abad ke-15 Masehi. 

Kitab ini menduduki posisi yang sangat penting di kalangan umat Islam dunia, terutama dunia pesantren di Indonesia. Diajarkan dari tahun ke tahun kitab karya “Bapak Kitab Kuning Indonesia” ini mampu menjawab kebutuhan spiritual sehari-hari seorang muslim secara berbobot dan menarik. Kitab ini memuat 1072 nasihat yang disusun secara sistematis dan bersumber dari al-Quran, hadis, dan ucapan para sahabat dan ulama. 

Hasilnya, isi buku ini bisa membuat iman dan kehidupan kita lebih baik, berilmu, lebih bijak, dan lebih berkah dunia akhirat. Sebuah kitab pegangan agar kita selalu berada dalam Ridha dan Cinta-Nya.

Pengarang kitab Nashoihul Ibad memiliki karya lain yang dikenal dan dipelajari sebanyak 22 kitab. Kitab Nashoihul Ibad sendiri mengandung nasihat kepada umatnya untuk mempersiapkan diri menghadapi hari kiamat. Terbagi dalam 10 bab, kitab ini berisi total 214 nasihat, dimana 45 di antaranya berasal dari hadis dan sisanya dari ucapan pengikut Nabi SAW dan para sahabat.

Dalam kitab Nashoihul Ibad, terdapat pembahasan mengenai pendidikan akhlak yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa konsep yang dapat dipelajari dari kitab ini:
  • Sabar: Artinya sabar dalam menghadapi cobaan, melaksanakan ketaatan, serta menjauhi maksiat.
  • Tawadhu: Menyadari kebaikan orang lain sementara mengenali kelemahan diri sendiri dalam ilmu, amal, dan iman.
  • Adil: Membahas pentingnya bersikap adil dalam segala hal, termasuk dalam kepemimpinan.

Pengarang kitab Nashoihul Ibad, Syekh Nawawi, menuliskan 10 hal yang baik untuk diingat dalam kitabnya, di antaranya:
  1. Ilmu sebagai warisan terbaik, dan perlunya menghormati orang berilmu.
  2. Etika dalam segala aktivitas kita.
  3. Taqwa sebagai bekal menuju akhirat.
  4. Pentingnya melaksanakan ibadah dengan baik.
  5. Amal sholeh sebagai jalan menuju surga.
  6. Pentingnya memiliki akhlak terpuji.
  7. Sikap lemah lembut.
  8. Sikap qana'ah atau merasa cukup dengan apa yang dimiliki.
  9. Taufik sebagai bimbingan Allah menuju kebaikan.
  10. Kematian sebagai realitas yang harus diingat.
Selain itu, terdapat 30 nasihat dalam Bab I dari kitab Nashoihul Ibad, di antaranya:
  1. Pentingnya iman kepada Allah SWT dan memberi manfaat kepada sesama Muslim.
  2. Arti penting berteman dengan ulama.
  3. Konsep kemuliaan dunia dan akhirat.
  4. Dua jenis kesedihan dan pencarian.
  5. Sikap mulia dan bijaksana.
  6. Perbedaan hasil antara modal taqwa dan modal dunia.
  7. Dua dasar kemaksiatan dan jenis tangisan.
Kitab Nashoihul Ibad memberikan panduan bagi umat Islam untuk mempersiapkan diri di akhirat, tidak hanya dalam hubungan dengan Allah SWT, tetapi juga dalam perilaku sehari-hari dengan sesama makhluk hidup, (hablumminallah wa hablumminannas).

File Kitab Nashoihul Ibad dan Terjemahannya Lengkap PDF

Jika anda ingin mengunduh terjemahan dari kitab ini, caranya yaitu dengan cara klik tautan dibawah ini dan langsung menuju ke halaman download. 

Nama kitab: Kitab Nashoihul Ibad
Pengarang: Syekh Nawawi Al-Bantani
Format File : PDF
File Size : 1 Mb

Link Asli: Download

File terjemahan teks Indonesia: Download

Peringatan!
Kami disini tidak memperjualbelikan kitab ini, tetapi kami hanya membagikan file elektronik yang telah tersedia di situs archive google. Terima Kasih!


Demikianlah yang dapat kami bagikan dalam artikel kali ini mengenai terjemahan Kitab Nashoihul Ibad . Dengan mempelajari kitab ini, dengan izin Allah kita bisa memperoleh sifat-sifat yang baik pada diri kita seorang hamba. Amin.

Posting Komentar untuk "Kitab Nashoihul Ibad dan Terjemahannya Lengkap PDF"