Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Istilah Istilah Fan Fikih dan Kitab Yang Mempelajarinya

NGAJISALAFY.com - Kita selain dituntut menguasai ilmu bahasa dan ilmu perangkatnya (nahwu, shorof, ma’ani dan balaghoh) di dalam mempelajari suatu disiplin ilmu terutama fan fikih, kita juga dituntut untuk mengenal istilah-istilah yang biasa digunakan pada fan tersebut. Seperti dalam redaksi kitab fikih ada istilah اَلْإِمَامُ atau اَلشَّيْخَانِ, ada lagi istilah اَلْأَوْجَهُ atau الاَرْجَحُ atau الاَصَحُّ.

Jikalau kita terjemah secara bahasa kata اَلْإِمَامُ berarti imam, اَلشَّيْخَانِ berarti dua syaikh dan seterusnya. Padahal tidak sesederhana itu pengertian dari اَلْإِمَامُ dan اَلشَّيْخَانِ menurut istilah ilmu fikih, karena yang dimaksud dengan kata اَلْإِمَامُ dalam kitab fikih adalah Imam Haramain (guru Imam Al-Ghozali) begitu juga yang dimaksud dengan اَلشَّيْخَانِ adalah Syaikh An-Nawawi (murid ibn Malik) dan Syaikh Ar-Rofi’i.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengenal istilah-istilah yang biasa digunakan pada fan-fan ilmu tertentu. Jika kita tidak mengenal istilah-istilah tersebut, maka dapat dipastikan kita akan terjebak pada pemahaman yang keliru.

Inilah Kitab-Kitab Yang Menerangkan Istilah-Istilah Fikih
Adapun kitab-kitab yang menerangkan istilah-istilah fikih sangatlah banyak, antara lain:

1). Ats-Tsamroh Al-Hajiniyah
Kitab ini dikarang oleh  KH. Sahal Mahfudz dalam bentuk nadzom yang kemudian dikomentari sendiri oleh mu'allifnya. Selain memuat istilah-istilah fikih, kitab ini juga menyinggung istilah-istilah yang ada diluar fan ilmu fikih, seperti istilah اَلْإِمَامُ menurut fan fikih, fan ushul, fan hadist dan seterusnya.

2). الشَّافِيَةُ فِيْ اصْطِلاَحَاتِ الْفُقَهَاءِ الشَّافِعِيَّةُ
Karya Sayyid Sholeh bin Ahmad bin Salim al-Idrus, kitab ini memuat istilah-istilah yang biasa dipakai dalam kitab-kitab fikih Syafi’iyyah, selain itu kitab ini juga secara khusus memuat istilahnya kitab al-Manhaj (karya imam An-Nawawi) dan istilah-istilah kitab Tuhfah (Ibnu Hajar) serta memuat sejarah singkat ulama’-ulama’ Syafi’iyyah dan ulama’ Hadramaut yang nama besarnya sudah tidak asing lagi bagi para pembaca kitab kitab fikih seperti بَاسُوْدَانْ، بَافَضَلْ، بَاعْشُنْ dan lain sebagainya. Juga tidak ketinggalan didalam kitab Syafiyyah ini disebutkan nama-nama kitab dan sekaligus nama mu’allifnya (pengarangnya), hal ini sangat penting untuk diketahui sebab banyak sekali qori’ yang membaca redaksi kitab fikih seperti: قَالَ فِيْ الْاَنْوَارِ semetar itu ia tidak mengetahui siapa pengarang dari kitab al-Anwar atau contoh lain seperti قَالَ فِيْ الْكِفَايَةِ، قَالَ فِي الْمَطْلَبِ dan seterusnya.

3). سُلَّمُ الْمُتَعَلِّمِ الْمُحْتَاجْ
Kitab ini mengupas tentang sitilah-istilah yang ada didalam kitab al-Manhaj dan istilah-istilah kitab Tuhfah.

4). Muqaddimahnya Kitab Fiqih Islami
Disana memuat tentang istilah-istilah Madzahibul Arba’ah yakni Imam Syafi’i, Malik, Hambali dan Abu Hanifah.

5). Muqaddimahnya kitab Al-Majmu’
Kitab yang dikarang oleh Imam An-Nawawi selain membahas tentang keterangan hukum fikih juga membahasa tentang istilah-istilah yang digunakan oleh ulama kalangan fuqoha’ dan istilah istilah yang terdapat dalam kitab Madzahibul Arba’ah.

6) . Kitab Fathul Qodir Fi Ajaaibil Maqoodir
Kitab ini dikarang oleh KH. Ma’sum Ali yang memuat tentang rumusan-rumusan yang berkaitan dengan ukuran ukuran dalam fan fikih (al-Maqoodir).

Demikianlah  penjelasan tentang mengenal istilah istilah fan fikih dan kitab-kitab yang mempelajarinya. Wallahu ‘A’lam.

Posting Komentar untuk "Mengenal Istilah Istilah Fan Fikih dan Kitab Yang Mempelajarinya"