Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Hadits: 10 Kitab Paling Terkenal yang Wajib Kamu Miliki

NGAJISALAFY.com - Kita sering mendengar tentang studi hadis terutama bagi orang-orang yang belajar di lembaga-lembaga Islam seperti santri, mahasiswa dan dosen yang kuliah di perguruan tinggi Islam. Hadis ini adalah kata-kata, perbuatan, atau persetujuan dari Nabi Muhammad ﷺ yang menjadi perhatian banyak orang untuk dipelajari.


Hadis sendiri merupakan sebuah sumber hukum Islam yang penting setelah al-Qur'an. Kedudukan hadis dapat digunakan sebagai penguat al-Quran, menjelaskan maknanya, bahkan menciptakan hukum secara mandiri.

Studi tentang Hadis tidak hanya berkaitan dengan apa yang terkandung di dalamnya seperti definisi, pembagian berdasarkan kualitas dan kuantitasnya, tetapi juga mencakup sejarah dan kritik terhadap apa yang terkandung dalam Hadis itu sendiri.

Secara umum, hadis dibagi menjadi dua jenis berdasarkan jumlah orang yang meriwayatkannya, yaitu hadis Mutawatir dan Ahad. Sedangkan jika dilihat dari kualitas perawi hadisnya sendiri, hadis dibagi menjadi tiga jenis, yaitu Sahih, Hasan, dan Dhaif.

Di sisi lain, tidak mudah untuk menemukan sumber yang tepat saat belajar hadis dari berbagai sudut pandang. Karena itu, banyak peneliti dan pengkaji Islam membutuhkan referensi otentik sebagai bahan pembelajaran.

Rekomendasi 10 Kitab Paling Terkenal yang Wajib Kamu Miliki

Inilah 10 Kitab Rujukan Studi Ilmu Hadith yang Wajib Kamu Miliki

Dalam dunia akademik, ketika kita belajar tentang ilmu Hadith, kita memerlukan banyak sumber dan referensi untuk memahaminya. Oleh karena itu, pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa kitab yang sering digunakan sebagai referensi dalam mempelajari hadis.
  1. Mabahits Fi Ulum al-Hadits, Karya Manna' Qaththan
  2. Irsyad Thullab Haqaiq Fi Ma'rifati Sunan Khoiril Kholaiq, Karya Imam Nawawi
  3. Taqrib wa Taisir, Karya Imam Nawawi
  4. Ulum Hadith, Karya Imam Ibnu Sholah
  5. Taisir Mushthalah Hadith, Karya Mahmud Thohan
  6. Taisir Ulum Hadits Lil Mubtadi'in, Karya 'Amr bin Abdul Mun'im
  7. Al-Mabadi' al-Asasiyah Fi Ulum al-Hadits, Karya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki
  8. Ushul Takhrij Wa Dirasat Asanid al-Muyassarah, Karya Dr. Imad Ali Jum'ah
  9. Manhaju al-Naqdi Fi Ulum al-Hadits, Karya Dr Nuruddin 'Itr
  10. Manhalul Lathif, Karya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki
Demikianlah uraian tentang 10 kitab hadits paling terkenal yang wajib kamu miliki. Tentunya masih banyak buku dan kitab yang bisa dipakai sebagai referensi untuk belajar Ilmu Hadits. Setidaknya, kami berharap buku dan kitab yang sudah disebutkan bisa membantu kamu dalam belajar hadis. Wallahu a'lam.

Posting Komentar untuk "Belajar Hadits: 10 Kitab Paling Terkenal yang Wajib Kamu Miliki "