Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 3 Macam Darah Wanita Dalam Islam

                               

Tahukah anda macam macam darah yang keluar dari farjinya seorang wanita ? Dan tahukan anda berapa masa darah yang keluar dari farjinya wanita ? baiklah supaya anda tidak penasaran mari kita baca artikel ini sampi selesai. Ketahuilah bahwasanya darah yang keluar dari farjinya seorang wanita itu ada tiga macam:
  1. Darah Haid
  2. Darah Nifas
  3. Darah Istihadhah

Pertama
haid yaitu darah yang keluar dalam usia 9 tahun atau lebih dari farji perempuan secara sehat, bukan karena sakit tetapi alami, dan juga tidak dengan melahirkan.

Kedua, nifas yaitu darah yang keluar setelah melahirkan, maka darah yang keluar bersamaan anak. maka jika darar tersebut keluar sebelum melahirkan maka tidak disebut nifas.

Ketiga, istiadhah yaitu darah yang keluar selain waktu haid dan waktu nifas tidak secara sehat (darah penyakit).

Masa Darah Haid, Nifas dan Istihadoh 

Setiap darah yang keluar dari farjinya wanita memiliki masa sebagai berikut:

1). Darah Haid
Minimal masa haid ialah sehari semalam, yaitu 24 jam sesuai kebiasaan dalam haid. Untuk waktu umumnya menurut hasil penelitian imam Syafi’i ialah 6 atau 7  hari sedangkan untuk batas maksimalnya ialah 15 hari 15 malam.

2). Darah Nifas
Minimal masa darah nifas ialah sekejap, dimulai dari terpisahnya anak. Maksimlnya ialah 60 hari dan umumnya 40 hari. Minimal masa suci yang memisah antara dua haid adalah 15 hari, dan jika mengacu pada pendapat yang menyatakan bahwa orang yang mengandung bisa haid, maka masa suci pemisah antara haid dan nifas bisa kurang dari 15 hari.

Tidak ada batasan maksimal dalam masa suci, terkadang seorang perempuan dalam waktu yang lama itu tidak mengalamin haid. Sementara umumnya masa suci mempertimbangkan umumnya haid, jika haidnya 6 hari maka masa sucinya 24 hari, dan jika haidnya 7 hari maka masa sucinya 23 hari.

2). Darah Nifas
Waktu darah nifas ialah  selain masa haid dan nifas.

Berikut ini table perbedan antara Haid, Nifas, Istihadhah


Darah


Definisi


Minimal


Setandar


Maxsimal


Haid


Darah yang Keluar secara sehat bukan
dengan sebab melahirkan


24 jam


6/7 hari


15 hari


Nifas


Darah yang keluar setelah melahirkan


Setetes


40 hari


60 hari


Istihadhah


Darah yang keluar pada selain masa
haid dan nifas secara tidak sehat



Posting Komentar untuk "Mengenal 3 Macam Darah Wanita Dalam Islam"