Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bab Badal Kitab Jurumiyah Beserta Penjelasannya



Kitab Jurumiyah merupakan sebuah kitab yang berisi pembahasan seputar Ilmu Nahwu. Kitab ini ditulis oleh pengarang kitab Al-Bajuri yaitu Syekh Ibrahim Al-Bajuri, merupakan kitab yang sangat populer dipelajari di pondok-pondok pesantren. Pada kitab ini terdapat bab Badal. Apa itu Badal? Untuk lebih lanjut, berikut dibawah ini kami telah menyajikan matan Jurumiyah bab Badal beserta tejemahan dan penjelasan singkat.

Bab Badal Kitab Jurumiyah

Matan:

بَابُ اَلْبَدَلِ

.إِذَا أُبْدِلَ اِسْمٌ مِنْ اِسْمٍ أَوْ فِعْلٌ مِنْ فِعْلٍ تَبِعَهُ فِي جَمِيعِ إِعْرَابِهِ وَهُوَ عَلَى أَرْبَعَةِ أَقْسَامٍ بَدَلُ اَلشَّيْءِ مِنْ اَلشَّيْءِ, وَبَدَلُ اَلْبَعْضِ مِنْ اَلْكُلِّ,وَبَدَلُ اَلِاشْتِمَالِ, وَبَدَلُ اَلْغَلَطِ, نَحْوَ قَوْلِكَ "قَامَ زَيْدٌ أَخُوكَ, وَأَكَلْتُ اَلرَّغِيفَ ثُلُثَهُ, وَنَفَعَنِي زَيْدٌعِلْمُهُ, وَرَأَيْتُ زَيْدًا اَلْفَرَسَ", أَرَدْتَ أَنْ تَقُولَ رَأَيْتُ اَلْفَرَسَ فَغَلِطْتَ فَأَبْدَلْتَ زَيْدًا مِنْه.ُ


Terjemahan:

Jika dibuat badal(ganti) isim dari isim atau fiil dari fiil,maka badal itu harus mengikuti pada mubdal minhunya(yang dibadali dalam semua i’rabnya). Badal itu terbagi menjadi empat bagian yaitu: badal syai’ min syai’(badal dari sesuatu yang sama derajatnya) , badal ba’du min kul(badal sebagian dari seluruhnya) , badal isytimal(badal yang terkandung) , badal gholath(badal kesalahan). Seperti ucapanmu : qaama zaidun akhuuka(sudah berdiri zaid saudaramu),akaltu arraghiifa salsahu(aku makan roti sepertiganya),nafa’ani zaidun ilmuhu(zaid telah bermanfaat bagiku ilmunya),raitu zaidan alfarasa(aku melihat zaid kuda),padahal kamu bermaksud melihat kuda,bukan zaid.maka kamu salah mengucapkan lalu membadali lafadz zaid itu dengan kuda.


Penjelasan/Syarah:

A. Definisi/Pengertian Badal

Yang dimaksud dengan Badal adalah : "Apabila isim diganti dengan isim atau fi’il diganti dengan fi’il, maka ia mengikutinya pada seluruh i’rabnya, yaitu perubahan akhir lapaznya, Maka itulah yang disebut dengan badal".


B. Pembagian Badal

Adapun Badal terdiri atas empat macam :

  1. بَدَلُ اَلشَّيْءِ مِنْ اَلشَّيْء ( Badal sesuatu daripada sesuatu)
  2. بَدَلُ اَلْبَعْضِ مِنْ اَلْكُلِّ (Badal sebagian daripada tiap-tiap)
  3. بَدَلُ اَلِاشْتِمَالِ (
  4. بَدَلُ اَلْغَلَطِ (Badal Tersalah)


C. Contoh-Contoh Badal

1. Contoh Badal Kul minkul / syai un min syai in.

قَامَ زَيْدٌ أَخُوكَ

(Zaid telah berdiri yaitu saudaramu)


2. Contoh badal ba'di minkul.

وَأَكَلْتُ اَلرَّغِيفَ ثُلُثَهُ

(aku telah memakan roti yaitu sepertiga-nya)


3. Contoh badal Isytimal

وَنَفَعَنِي زَيْدٌ عِلْمُهُ

(Zaid memberi manfaat kepadaku yaitu ilmunya)


4. Contoh badal Gholath

وَرَأَيْتُ زَيْدًا اَلْفَرَسَ

(aku telah melihat zaid yaitu kudanya)

atau

Kamu ingin berkata "al farasa" (kuda) akan tetapi salah.

وَرَأَيْتُ زَيْدًا اَلْفَرَسَ

(aku melihat zaid yaitu kudanya)


Baca juga: Kitab Safinatunnajah Bahasa Sunda

Penutup

Sekian yang dapat kami bagikan dalam postingan ini mengenai bab Badal dalam Kitab Jurumiyah serta penjelasan singkat mengenainya. Semoga dapat bermanfaat bagi semuanya.

Posting Komentar untuk "Bab Badal Kitab Jurumiyah Beserta Penjelasannya"