Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kitab Al Barzanji dan Terjemahannya PDF


Ngajisalafy.com - Hai pembaca semuanya! Kira-kira kamu pernah denger ga sih tentang Kitab Al Barzanji? Kalau belum, jangan bingung ya, karena kita bakal bahas tentang kitab ini dalam artikel kali ini!

Apa sih keistimewaan dari kitab yang satu ini? Kitab ini sangat populer terutama di Indonesia. Kitab ini banyak digunakan ketika memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW pada bulan maulid khususnya. Didalamnya ada banyak shalawat dan syair tentang keagungan Nabi kita tercinta. Nah Tidak dipungkiri, kitab ini menjadi kitab yang banyak dicari dan digunakan oleh umat Islam didunia. 

Di artikel ini, kami membahas sedikit tentang kitab Al Barzanji buat Pembaca semua, dan tidak lupa kami sisipkan link download kitab beserta terjemahannya sesuai yang Anda inginkan pada kesempatan ini. Yuk disimak!

Tentang Kitab Al Barzanji

Awal mula Kitab Al Barzanji dibuat oleh seorang ulama besar bernama Ja'far Al-Barzanji. Beliau lahir di kota Madinah, Arab Saudi pada tahun 1690. Kitab Al Barzanji sendiri berisi tentang riwayat hidup Nabi Muhammad SAW dari lahir hingga kepergiannya dari dunia ini.

Cerita-cerita dalam Kitab Al Barzanji dipaparkan dengan cara yang sangat menarik dan mudah dipahami. Jadi, tidak heran jika banyak orang menyukai kitab ini. Bahkan, di Indonesia sendiri, banyak orang yang mengadakan acara peringatan maulid dengan membaca Kitab Al Barzanji sebagai salah satu sarana pengajiannya.

Selain membaca Kitab Al Barzanji, umat Islam di Indonesia juga sering manggungkan dan menyanyikan sholawat dengan diiringi musik gambus. Namun, hal tersebut sebenarnya tidak ada kaitannya dengan isi Kitab Al Barzanji, karena Ja'far Al-Barzanji tidak pernah menuliskan sholawat di dalam kitabnya.

Selain itu, ada juga komunitas pembaca Kitab Al Barzanji yang biasanya berkumpul di masjid atau rumah-rumah untuk membaca bersama-sama. Salah satu kegiatan mereka yang paling digemari adalah ketika membaca "Hadaro Al Hadi", yaitu memperdengarkan ceramah singkat kepada pengunjung kitab di antara pembacaan cerita dari Kitab Al Barzanji.

Namun, meski begitu populer, ada juga orang-orang yang tidak setuju dengan penggunaan Kitab Al Barzanji sebagai sarana tradisional peringatan maulid. Mereka berpendapat bahwa kitab ini tidak memiliki dasar yang kuat dalam agama Islam dan lebih bertujuan meramaikan acara daripada memberikan manfaat yang sebenarnya bagi pembacanya.

Namun, satu hal yang pasti adalah Kitab Al Barzanji telah menjadi bagian dari kebudayaan Islam di Indonesia dan terus dijaga oleh banyak orang agar tetap lestari. Jadi, bagi kamu yang ingin lebih memahami riwayat hidup Nabi Muhammad SAW, bisa mencoba membaca Kitab Al Barzanji dan merenungkan maknanya.

Rahasia dibalik Karangan Kitab Al-Barzanji

Sedikit kisah dari kami yang bersumber dari kitab dan guru-guru kami di pesantren, bahwa ada sebuah kisah unik dibalik dikarangnya kitab Al-Barzanji ini yang dialami langsung oleh pengarangnya yaitu Ja'far Al-bArzanji.

Dahulu kala semasa hidup beliau Ja'far Al-barzanji, negeri beliau sedang dilanda kekeringan sehingga tidak ada air. Suatu ketika perjalanan beliau dalam mencari air dari sumur ke sumur, dilihatnya ada seorang anak kecil. Singkat cerita anak kecil tersebut melihat beliau dan anak kecil itu mengatakan kepada beliau bahwa anak itu akan meludah kedalam sumur. Dan lihat apa yang terjadi? air sumur yang dulunya kering langsung naik airnya sampai keatas.

Sehingga membuat beliau takjub dan heran. Beliau menanyakan kepada anak kecil itu: "apa keistimewaan dirimu sehingga begini". Anak itu menjawab: "berkat bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW setiap hari".

Sepulang dari kejadian itu, Beliau Ja'far Al-Barzanji langsung mengarang kitab yang diisi dengan beragam shalawat sehingga jadilah kitab yang selalu kita baca ini yaitu kitab Al-Barzanji.

Mohon maaf bila kisah jika kurang sempurna.

Link Download Kitab Al Barzanji dan Terjemahannya

Sesuai judul diatas, kami disini membagikan link download kitab Al-Barzanji lengkap beserta terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Silahkan klik link PDF dibawah ini dan Kamu langsung dibawa ke halaman google drive.

Google Drive:

Penutup

Sekian artikel tentang Kitab Al Barzanji dari kami, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa untuk menghargai warisan budaya yang ada di Indonesia dalam memperingati hari besar Islam memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW! Wassalam :)

Posting Komentar untuk "Download Kitab Al Barzanji dan Terjemahannya PDF"