Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Imam Ahmad bin Hambal

NGAJISALAFY.com - Nama lengkap beliau adalah Abu Abdullah Ahmad bin Muhammad bin Hambal bin Hilal al-Syaibani. Beliau dilahirkan di Banghdad pada bulan raabiul awal tahun 164 H (780 M). Imam Ahmad bin Hambal dibesarkan dalam keadaan yatim oleh ibunya, karena ayahnya meninggal ketika beliau masih bayi. Sejak kecil beliau telah menunjjukan sifat dan pribadi yang mulia, sehingga menarik simpati banyak orang. Dan sejak kecil itu pula beliau telah menujjukan minat yang besar kepada ilmu pengetahuan, kebetulan pada saat itu kota Banghdad merupakan kota pusat ilmu pengetahuan. Beliau mulai belajar dengan manghafal Al-Qur’an, kemudian belajar gramatika bahasa Arab, hadist, sejarah nabi, dan sejarah sahabat serta tabi’in.
sejarah singkat Imam Ahmad bin Hambal
Ilustrasi Imam Ahmad bin Hambal

Kemudian Imam Ahmad bin Hambal pergi ke Basrah  untuk memperdalam ilmu, disana beliau bertemu dengan imam Syafi’i. Selain itu, beliau juga pergi ke Yaman dan Mesir untuk menuntut ilmu. Diantara guru beliau yang lain adalah Yusuf al-Hasan bin Zaid Husyaim, Umair ibn humam dan Ibn Abbas. Imam Ahmad bin Hambal banyak mempelajari dan meriwayatkan hadist, dan beliau tidak mengambil hadist, kecuali hadit yang sudah benar sahihnya. Oleh karena itu, beliau akhirnya berhasil mengarang kitab hadist, yang dikenal dengan nama Musnad Ahmad Hambali. Dan beliau mulai mengajar ketika beliau berusia empat puluh tahun. 

Pada masa pemerintahan al-Muktasim, Khalifah Abbasiyah, beliau sempat dipenjara, karena sependapat dengan opini yang mengatakan bahwa al-Qur’an adalah Makhluk. Kemudian beliau dibebaskan pada masa khalifah al-Mutawakkil.

Imam Ahmad bin Hambal wafat di Banghdad pada usia 77 tahun, atau tepatnya pada tahun 241 H (855 M) pada masa pemerintahan Khalifah al-Wathiq. Semenjak beliau meninggal mazhab Hambali berkembang semakin luas dan menjadi salah satu mazhab yang memiliki banyak penganut.  

Demikianlah penjelasan tentang biografi imam Ahmad bin Hambal. Wallahu 'A'lam


Posting Komentar untuk "Biografi Imam Ahmad bin Hambal"