Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Ayat Makkiyah dan Madaniyah Serta Perbedaannya

NGAJISALAFY.com | Al-Qur'an (القرأن) jika ditinjau dari segi masa turunnya, maka ia dibagi menjadi 2 golongan: 1. ayat Makkiyah 2. ayat Madaniyah, seperti apa penjelasannya? silahkan simak uraian dibawah ini:

Pengertian ayat Makkiyah dan Madaniyah

1). Ayat Ayat Makkiyah
Yaitu ayat-ayat yang diturunkan di kota Makkah atau sebelum nabi Muhammad SAW hijrah ke kota Madinah.
2). Ayat Ayat Madaniyah
Yaitu adalah ayat-ayat yang diturunkan di kota Madinah atau sesudah nabi Muhammad SAW hijrah ke kota Madinah.

Perbedaan ayat Makkiyah dan Madaniyah

1). Ayat-ayat Makkiyah pada umumnya pendek-pendek sedangkan ayat-ayat Madaniyah panjang-panjang. Surat Madaniyah merupakan 11/30 dari isi al-Qur'an ayat-ayatnya berjumlah 1.456, sedangkan surat Makkiyah yang merupakan 19/30 dari isi al-Qur'an jumlah ayat-ayatnya 4.780 ayat. Juz 28 seluruhnya Madaniyah kecuali surat Mutmainnah, ayat-ayatnya berjumlah 137; sedangkan juz 29 ialah Makkiyah kecuali surat Ad-Dahr, ayat-ayatnya berjumlah 431. Adapun surat al-Anfal dari Asy-Syu'ara' masing-masing merupakan setengah juz tetapi yang pertama Madaniyah dengan bilangan ayat sebanyak 75 sedangkan yang kedua Makkiyah dengan ayat-ayatnya yang berjumlah 227.

2). Dalam surat-surat Madaniyah itu terdapat perkataan "Ya Ayyuhalladzina Aamanu" dan sedikit sekali terdapat perkataan "Ya Ayyuhannas". Sedangkan dalam surat-surat Makkiyah itu terdapat perkataan "Ya Ayyuhannas" dan sedikit sekali terdapat perkataan "Ya Ayyuhalladzina Aamanu".

3). Ayat-ayat Makkiyah pada umumnya mengandung hal-hal yang berhubungan dengan keimanan, ancama, pahala, kisah-kisah ummat terdahulu yang mengandung pengajaran dan budi pekerti. Sedangkan ayat Madaniyah mengandung hukum-hukum baik yang berhubungan dengan hukum adat atau hukum-hukum duniawi seperti hukum kemasyarakatan, hukum ketatanegaraan, hukum perang, hukum internasional, hukum antar agama dan lain lain sebagainya.

Demikinalah penjelasan tentang pengertian ayat Makkiyah dan Madaniyah serta perbedaanya. Wallahu 'A'lam.  

Posting Komentar untuk "Pengertian Ayat Makkiyah dan Madaniyah Serta Perbedaannya"