Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Rahasia Sukses Ulama' dalam Mencari Ilmu

NGAJISALAFY.com - Mengenai tentang rahasia sukses ulama' dalam mencari ilmu, ini terdapat suatu pertanyaan yang disampaikan kepada beberapa ulama' besar lintas generasi yang berbunyi: "Apa rahasia Anda bisa menjadi orang yang berilmu? Maka para ulama', memberikan dengan berbagai macam jawaban sebagaimana berikut:

Ilustrasi 6 rahasia sukses ulama' dalam mencari ilmu

6 Rahasia Sukses Ulama' dalam Mencari Ilmu

1). Imam Abu Yusuf menjawab: "Aku tidak malu belajar kepada siapapun dan aku tidak pelit untuk berbagi ilmu kepada siapapun yang meminta."
2). Ibnu Abbas menjawab: "Dengan banyak bertanya dan banyak berfikir."
3). Seorang Ulama' menjawab: "Berkat ayahku yang kaya. Beliau berbuat kebaikan dengan hartanya kepada ulama' dan orang shalih. Inilah yang menjadi sebab bertambahnya ilmu-Ku. Karena shodaqoh itu adalah wujud rasa syukur atas akal dan ilmu. Dan dengan bersyukur, nikmat semakin bertambah."
4). Imam Abu Hanifah menjawab: "Aku mendapatkan ilmu sebab memuji Allah dan bersyukur. Setiap aku berhasil memahami sebuah ilmu fiqih atau hikmah, aku mengucapkan hamdalah. Sehingga bertambahlah ilmuku."
5). Imam Halwani menjawab: "Aku mendapat semua ilmu ini dengan menghormati ilmu. Aku tidak pernah memegang kitab kecuali dalam keadaan suci dari hadast (senantiasa punya wudhu')."
6). Imam Fakruddin Al-Arsabani menjawab: "Aku mendapatkan derajat keilmuan ini, karena menghormati guru dan melayani guru-Ku yakni Syaikh Abu Yazid Ad-Dabusi. Dan aku tidak pernah makan sedikitpun dari makanan yang telah aku masak untuknya."

Demikianlah 6 rahasia sukses ulama' dalam mencari ilmu. Apa yang disampaikan beliau merupakan beberapa faktor yang menyebabkan beliau bisa mendapatkan ilmu yang barokah dan pastinya dibarengi dengan usaha kerasa dalam belajar. 

Posting Komentar untuk "6 Rahasia Sukses Ulama' dalam Mencari Ilmu"