Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Singkat Pencetus Mazhab Syafi

NGAJISALAFY.com - Nama lengkap dari beliau adalah Muhammad bin Idris as-Syafi’i al-Quraisyi. Beliau dilahirkan di Gazzah, pada tahun 150 H, bertepatan dengan wafatnya Imam Abu Hanifah. Beliau dibesarkan dalam keadaan yatim dan dalam suatu keluarga yang miskin, namun hal itu tidak menjadikan beliau rendah hati, apalagi malas. Sebaliknya, beliau bahkan giat mempelajari hadist dari ulama-ulama hadist yang banyak terdapat di kota Makkah. Bahkan pada usia yang masih kecil, beliau telah hafal al-Qur’an.

Boigrafi imam Syafi'i

Kemudian pada usianya yang ke-20-an, beliau meniggalkan kota Makkah untuk mempelajari ilmu Fiqih dari imam Malik. Beliau merasa masih harus memperdalami pengetahuanya, kemudian pergi ke Iraq sekali lagi untuk memperdalam ilmu Fiqih dari murid imam Abu Hanifah yang masih ada. dalam perantawanya tersebut beliau sempat mengunjungi persia dan beberapa tempat lain.

Setelah wafat Imam Malik (179 H), beliau kemudian pergi ke Yaman, menetap dan mengajarkan ilmu disana, bersama Harun al-Rasyid yang telah mendengar tentang kehebatan beliau, kemudian meminta beliau untuk pergi ke Baghdad. Imam Syafi’i memenuhi undangan tersebut, sejak saat itu beliau dikenal secara lebih luas dan banyak orang yang belajar kepadanya. Pada waktu itulah mazhab beliau mulai dikenal.

Tak lama setelah itu, Imam Syafi’i kembali ke Makkah dan mengajar rombongan jama'ah haji yang datang dari berbagai penjuru. Dan pada akhirnya mazhab Syafi’i menjadi tersebar luas ke penjuru dunia.

Pada tahun 198 H, beliau pergi ke negeri Mesir. Beliau mengajar di masjid Amru bin As dan beliau juga menulis kitab Al-Um, Amali Kubro, kitab Risalah, Usul Fiqih dan memperkenalkan Qaul Jadid sebagai mazhab baru. Adapun dalam hal menyusun kitab Usul Fiqih, imam Syafi’i dikenal sebagai orang pertama yang mempelopori penulisan dalam bidang tersebut.

Di Mesir inilah akhirnya imam Syafi’i wafat, setelah menyebarkan ilmu dan manfaat kepada banyak orang. Kitab-kitab beliau hingga kini masih dibaca orang dan makam beliau di Mesir sampai detik ini masih ramai di ziarahi orang. Sedangkan murid-murid beliau yang terkenal diantaranya: Muhammad bin Abdullah al-Hakam, Abu Ibrahim bin Ismail bin Yahya al-Muzani, Abu Ya’kub Yusuf bin Yahya dan lain lain sebagainya.






Posting Komentar untuk "Biografi Singkat Pencetus Mazhab Syafi"