Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bab Ma'rifat Alamat I'rob Jurumiyah: Ya` dan Fathah Sebagai Tanda I'rob Jer atau Khofadl

Nagjisalafy.com - Bab Ma'rifat Alamat I'rob dalam kitab Jurumiyah dinilai sebagai bagian rumit. Namun, bab ini mesti dipahami agar membantu memahami ilmu nahwu.

Kali ini, pembahasan masuk ke i'rob khofadl/jer. I'rob jer memiliki tiga tanda, yaitu kasroh, ya`, dan fathah.

Sebelumnya, pembahasan kasroh sudah dijabarkan. Bagi yang ingin mengulasnya bisa klik link ini Ngaji Jurumiyah: 3 Tanda I'rob Jer, Fathah Terdapat Pada Tiga Tempat.

Pada kesempatan ini, penulis akan menjabarkan lanjutan dari ulasan sebelumnya, yakni ya` dan fathah sebagai tanda bagi i'rob jer.

Ya`

Ibnu Ajurum berkata,

وَأَمَّا الْيَاءُ فَتَكُوْنُ عَلَامَة ً لِلْخَفْضِ فِي ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ فِي الْاَسْمَاءِ الْخَمْسَةِ وَفِي التَّثْنِيَةِ وَالْجَمْع ِ

"Adapun ya` menjadi tanda bagi khofadl (jer) terdapat pada tiga tempat: asma al-khamsah, (isim) tatsniyah, dan jama mudzakar salim."

Tingkah jer pada ketiga jenis kata ini dicirikan dengan ya`.

1. Asma al-Khamsah

Asma al-khamsah ialah أَبُوْكَ, أَخُوْكَ, حَمُوْكَ, فُوْكَ, ذُوْ مَالٍ. Pada saat tingkah nashob asma al-khamsah menyandang alif, yakni أَبَاكَ, أَخَاكَ, حَمَاكَ, فَاكَ, ذَامَالٍ.

Sedangkan pada saat tingkah jer, kelima kata tersebut menyandang ya`.

Contoh

  • مَرَرْتُ بِأَبِيْكَ (saya lewat bertemu dengan bapamu). Kata أَبِيْكَ dalam tingkah jer dengan tanda ya`. Sebab, asma al-khamsah.
  • مَرَرْتُ بِأَخِيْكَ (saya lewat bertemu dengan saudaramu). Kata أَخِيْكَ dalam tingkah jer dengan tanda ya`. Sebab, asma al-khamsah.

2. Isim Tatsniyah

Definisi isim tatsniyah telah dijabarkan pada tulisan ini. Seperti diketahui, pada saat tingkah jer, isim tatsniyah menyandang alif.

Contoh

  • مَرَرْتُ بِرَجُلَيْنِ (saya berjalan papasan dengan dua lelaki). Kata رَجُلَيْنِ dalam tingkah jer dengan tanda ya`. Sebab, isim tatsniyah.

3. Jama' Mudzakar Salim

Definisi jama' mudzakar salim telah dijabarkan dalam tulisan ini. Seperti diketahui, pada saat tingkah jer, jama' mudzakar salim menyandang ya`.

Contoh

  • مَرَرْتُ بِزَيْدِيْنَ (saya berjalan papasan dengan sejumlah Zaid). Kata زَيْدِيْنَ dalam tingkah jer dengan tanda ya`. Sebab, jama' mudzakar salim. Sebagai informasi, زَيْدِيْنَ berarti tiga nama orang atau lebih yang memiliki nama sama, yakni semuanya bernama Zaid.

Fathah

وَأَمَّا الْفَتْحَةُ فَتَكُوْنُ عَلَامَة ً لِلْخَفْضِ فِي الْاِسْمِ الَّذِيْ لَا يَنْصَرِفُ

"Adapun fathah menjadi tanda bagi khofadl (jer) terdapat pada isim yang tidak menerima tanwin."

Tingkah jer pada jenis kata di bawah ini dicirikan dengan fathah.

1. Isim Ghoir Munshorif

Seperti diketahui, beberapa jenis kata ada yang bisa menerima tanwin (-ٌ,-ٍ,ً-). Sedangkan sejumlah jenis kata lain tidak bisa menerima tanwin.

Jenis kata yang tidak bisa menerima tanwin disebut dengan jenis isim ghoir munshorif

Isim ghoir munshorif pada saat tingkah jer menggunakan harakat fathah.

Contoh

  • مَرَرْتُ بِأَحْمَدَ (saya berjalan papasan dengan Ahmad). Kata أَحْمَدَ dalam tingkah jer dengan tanda fathah. Seba, isim ghoir munshorif.***


Posting Komentar untuk "Bab Ma'rifat Alamat I'rob Jurumiyah: Ya` dan Fathah Sebagai Tanda I'rob Jer atau Khofadl"