Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Petunjuk Al-Quran Agar Nasihat Anda Didengar

NGAJISALAFY.COM | Memberi nasehat merupakan salah satu perbuatan yang sangat terpuji. Hal ini sebagaimana yang telah Allah nyatakan secara tegas dalam Al-Qur’an bahwa diantara orang yang tidak merugi dalam hidupnya  adalah orang yang suka memberi nasehat.

Tuntunan Al-Quran Tentang Menasehati
ilustrasi petunjuk al-Qur'an agar nasihat anda didengar

  وَالْعَصْرِۙ

1. Demi masa,

اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍۙ

2. Sungguh, manusia berada dalam kerugian,

 اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Namun siapa sangka ternyata dalam memberikan nasehat itu tidak semudah yang kita dibayangkan. Syukur-syukur cuma tidak didengarkan, parahnya ketika nasehat yang diberikan itu malah dibantah, dilawan dan diacuhkan.

Oleh karena itu, ada yang perlu diperhatikan bagi setiap orang yang ingin memberi nasehat, baik itu berupa guru yang hendak menasehati  siswa-siswinya, orang tua kepada anak-anaknya, bahkan suami kepada istrinya dan kepada siapa saja yang hendak menasehati orang lain, sebab pekerjaan memberi nasehat itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Berkenaan dengan hal itu, tenyata al-Qur'an telah memberi petunjuk terhadap hal yang harus diperhatikan pertama kali ketika hendak menasehati yaitu apakah orang yang memberi nasehat sudah memaafkan kesalahan orang yang dinasehati? hal itu Allah berfirman dalam al-Qur’an surat al-A'raf 199 berbunyi,

(خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ.....(الاية

"Jadilah engkau (seorang) pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan kebaikan" (Q.S. al-A'raf: 199)

Berdasarkan ayat diatas tentunya isyarat untuk memaafkan sebelum menasehati yang diajarkan al-Qur’an sangatlah logis, sebab logikanya ketika orang yang sedang diberi nasehat dalam keadaan berbuat salah, sedang kesalahan itu adalah dosa yang membuat hati keras, maka ketika itu nasihat sebaik apapun tidak akan pernah berpengaruh.

Maka hal yang perlu dilakukakan pertama kali adalah melunakkan hati orang yang dinasehati terlebih dahulu. Cara melunakkannya adalah memaafkan kesalahannya setelah itu baru dinasihati, sebab jika tidak dimaafkan terlebih dahulu, hati mereka akan semakin keras dan ketika hati keras sebaik apapun nasihat akan seperti angin lalu. Jadi memafkan sebelum menasehati adalah kunci petama kesuksesan dalam memberi nasehat.

Posting Komentar untuk "Inilah Petunjuk Al-Quran Agar Nasihat Anda Didengar"