Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terjemahan Kitab Jauharul Maknun PDF




Selain mempelajari ilmu nahwu di pondok pesantren, para santri juga mempelajari ilmu balaghah (bahasa). Salah satu kitab balaghah yang banyak dipelajari di pondok pesantren adalah kitab Jauharul Maknun. Kitab ini dikarang oleh Syekh Abdurrahman al-Ahdhori.

Pada kesempatan ini, kami akan membagikan terjemahan  kitab Jauharul Maknun versi PDF yang dapat Anda download secara gratis.

Sekilas Tentang Kitab Jauharul Maknun Karya Syekh Abdurrahman al-Ahdhoari

Salah satu karya Syekh Abdurrahman al-Ahdhari yang cukup terkenal adalah Kitab Jauhar al-Maknun. Kitab ini merupakan kitab yang membahas ilmu tata bahasa Arab khususnya di bidang Balaghah atau ilmu Bahasa. Adapun isi dari kitab ini berupa nazam-nazam yang berkaitan dengan sastra Arab.

Nama asli beliau adalah Abu Yazid Abdur Rahman bin Muhammad ash-Shughayyar bin Amir al-Akhdhariy. Al-Akhdhari tersebut ialah nisbah kepada AL-Akhdhar, nama satu bukit di Aljazair (Maroko). Dari pihak ayah, nasab beliau bersambung hingga salah satu sahabat Rasulullah SAW. yaitu al-Abbas bin Mirdas bin Abi Amir as-Sulami.

Dalam kitab ini, dijelaskan berbagai Istilah-istilah yang ada didalam Ilmu Balaghah, seperti: majaz, isti'arah, muwazanah.

Adapun yang unik dari Kitab Jauharul Maknun ini adalah, kitab ini tidak hanya membahas Ilmu Balaghah saja, tetapi didalamnya ada sekitar 50 bait nazam tetntang tasawauf dan lainnya ada sekitar 291 bait yang berisi tentang ilmu Balaghoh.

Download Terjemah Kitab Jauharul Maknun PDF

  • Nama Kitab : al-Jauharu al-Maknun (الجوهر المكنون)
  • Pengarang : Syekh Abdurrahman al-Ahdhori
  • Versi : Terjemahan
  • File : PDF


Disclaimer:

Website ini hanya sebagai media download, kami tidak memperjualbelikan barang tersebut.


Penutup

Pentingnya memahami ilmu balaghah agar mendapatkan keindahan dalam berbahasa. Selain itu ilmu balaghah sangat penting bagi santri yang membaca kitab-kitab arab agar mengetahui sejumlah kata dan kalimat yang mempunyai makna tertentu dan sangat dalam. Salah satu kitab yang membahas ini adalah Kitab Jauharul Maknun. 

Posting Komentar untuk "Terjemahan Kitab Jauharul Maknun PDF"